Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bakar Daun Tebu, Buruh Tani di Kudus Tewas Terpanggang

MURIANEWS.com, Kudus – Kebakaran lahan tebu di Desa Hongosoco, Kecamatan Jekulo, Kudus menewaskan Suratmun (60) warga Desa Honggosoco. Buruh tani yang menggarap lahan tebu miliki warga setempat bernama H. Muslimin itu ikut terbakar saat ia membakar daun tebu, Selasa (27/8/2019)siang.

Kapolsek Jekulo Iptu Supartono mengatakan, kejadian berawal saat korban membakar daun tebu di sawah garapannya. Nahasnya, api tersebut merambat ke ladang perkebunan ketela milik Abdul Salam yang juga merupakan warga Desa Honggosoco.

“Kejadian pertama kali diketahui oleh Heru. Dia seorang pengepul ketela milik Salim yang sedang berada di lokasi,” katanya.

Melihat lahan ketela terbakar, Heru lantas memanggil Salam untuk memadamkan api. Dibantu beberapa warga, lahan pun berhasil dipadamkan. “Barulah saat itu diketahui jika ada korban diantara lahan yang terbakar,” lanjut Supartono.

Para saksi kemudian memeriksa jenazah korban. Saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia karena terbakar. Pihaknya lantas memanggil Polsek Jekulo untuk meminta pertolongan evakuasi jenazah.

“Kami kemudian datang ke TKP dan mengecek keadaan di sana,” lanjutnya.

Ia menyebutkan, saat diperiksa, di sekitar tubuh koban ditemukan beberapa alat pertanian yang diduga digunakan untuk memadamkan api. Namun sayang karena keringnya lahan dan kencangnya angin, api membakar begitu cepat dan asap menjadi tebal.

“Sehingga diduga membuat korban pingsan. Pada tubuh korban juga ditemukan lecet karena luka bakar, ” terangnya.

Tim Puskesmas Jekulo bersama Tim Inafis Polres Kudus yang datang ke lokasi kejadian pun langsung olah TKP. Tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Serta disimpulkan jika korban telah pingsan terlebih dahulu karena menghirup asap secaa berlebihan.

“Sehingga ikut terbakar pada anggota tubuh bagian atas,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...