Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pekerja Asal Kudus Tersengat Listrik di Jepara, Ada Suara Ledakan

MURIANEWS.com, Jepara – Kecelakaan kerja terjadi di Perumahan Kuwasharjo, Jepara, Selasa (27/8/2019) siang. Seorang pekerja bangunan, beranama Suheri (40), warga Desa Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, tersengat listrik saat bekerja.

Kejadian kecelakaan ini berlangsung di rumah Mustain, warga Perumahan Kuwasharjo Blok C, Kuwasen, Kecamatan Jepara.

Menurut Arwin Pandu (39), warga yang kebetulan tinggal di dekat tempat kejadian, menyatakan suara ledakan terjadi dan disusul padamnya aliran listrik. Dirinya kemudian bergegas mencari tahu apa penyebabnya, dan akhirnya memastikan telah ada orang yang tersengat listrik.

“Saya bersama beberapa warga akhirnya berusaha menurunkannya dari lantai dua. Lalu segera dibawa ke RSI Sultan Haldirin. Mudah-mudahan bisa diselamatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Nurul Huda (25), warga Jepara, salah satu rekan kerja korban, mengaku bekerja di Kuwasharjo sejak beberapa pekan lalu. Di lokasi dirinya bekerja bersama dengan korban dan Riswanto (24).

Saat kejadian Nurul Huda juga berada di lantai dua. Sengatan itu menurutnya diduga karena besi yang diangkat oleh Sunarto secara tak sengaja menyentuh kabel listrik di depan rumah. Dari lantai dua tempat mereka bekerja, kabel listrik memang sangat dekat, hanya sekitar satu meteran saja.

“Saat saya sedang mengerjakan sesuatu, tiba-tiba terjadi ledakan. Pak Sunarto sudah jatuh ke bawah. Lalu saya minta tolong. Warga berdatangan lalu kami turunkan untuk dibawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Ketua RW V Perumahan Kuwasharjo, Kunto Setiawan menyatakan, sudah beberapa kali kejadian seperti ini terjadi di Kuwasharjo. Sejak awal ada perumahan, sepengetahuannya sudah ada beberapa orang yang tersengat listrik.

Jaringan listrik PLN, memang ada beberapa yang berdekatan dengan rumah milik warga. Apalagi jika warga membangun rumah dengan ukuran dua lantai, maka kabel jaringan PLN akan sangat dekat dengan bangunan. Kondisi ini memang membahayakan saat melakukan rehap rumah.

“Mungkin untuk kabel jaringan PLN yang posisinya di dekat bangunan rumah perlu dipasang pengaman. Ada yang sudah dipasangi, tapi tidak semuanya. Jadi membahayakan saat melakukan rehab rumah,” ujar Kunto Setiawan.

Sunarto, pekerja yang tersengat listrik diketahui mengalami luka bakar. Pakaian yang digunakanya diketahui compang-camping. Sampai berita ini dikirim, Sunarto masih dirawat di IGD Rumah Sakit Islam Sultan Haldirin, Jepara. Lokasinya tidak jauh dari Perumahan Kuwasharjo, Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...