Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Pelajar Miskin Berprestasi di Pati Diberi Beasiswa Rp 2,6 Miliar

0 119

MURIANEWS.com, Pati – Ribuan siswa mulai dari SD, SMP/sederajat eks-Kawedanan Tayu, Juwana dan Jakenan, mendapatkan beasiswa bagi siswa miskin berprestasi. Tak tanggung, total beasiswa diberikan sebanyak Rp 2,6 miliar yang dibagikan kepada 2.202 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Winarto mengatakan, pemberian beasiswa itu untuk memacu semangat para siswa. Selain itu juga sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pelajar berprestasi.

Beasiswa ini menurutnya, diperuntukkan bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Beasiswa ini khusus bagi siswa kurang mampu dan berprestasi di sekolah negeri maupun swasta,” katanya Senin (26/8/2019).

Ia merinci, siswa jenjang SD/sederajat yang mendapat beasiswa ada sebanyak 1.382 orang yang masing-masing mendapatkan Rp 1 juta. Sedangkan untuk siswa SMP/sederajat sebanyak 820 orang yang masing-masing mendapatkan Rp 1,5 juta.

“Sekaligus pemberian beasiswa ini juga untuk mengantisipasi agar tidak ada anak-anak yang putus sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengatakan, program beasiswa itu tidak hanya tahun ini saja diberikan, namun sudah berkali-kali dilakukan. Pihak yang turut serta menyalurkan adalah GNOTA, Baznas, CSR, serta sejumlah pihak maupun pegiat di bidang pendidikan.

“Ini sedikit membantu dalam rangka untuk meringankan beban. Khususnya dalam kebutuhan sekolah. Tadi ada juga yang sudah menerima beasiswa langsung diserahkan orang tua, tidak apa-apa asalkan orang tua pun menggunakan dana tersebut untuk kepentingan anaknya. Jangan untuk kepentingan yang lain,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.