Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Besok, Gubernur Jateng Dijadwalkan Buka Jamda di Blora, Begini Persiapannya

0 57

MURIANEWS.com, Blora – Pelaksanaan gladi bersih upacara pembukaan Jambore Daerah XV tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah dilaksanakan di bumi perkemahan Mustika (eks lapangan golf) Blora, Senin (26/8/2019). Sejumlah pelajar anggota Pramuka yang sebelumnya sudah dilatih sudah siap menjalankan tugasnya.

Selain prosesi upacara seperti pembacaan teks Dasa Dharma, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, dalam gladi bersih ini juga dimeriahkan tari kreasi binaan LKP Merpati dan kelompok marching band pelajar.

Bupati Blora Djoko Nugroho juga hadir dalam kesempatan itu, Djoko juga tampak ikut memberi motivasi kepada para petugas upacara pembukaan Jamda. Terlebih ketika Djoko menyaksikan latihan tari kreasi.

“Kalian semua top, matoh. Semangat,” tegasnya.

Sementara itu kebersihan lingkungan di lokasi kegiatan juga menjadi perhatian Sekda Blora Komang Gede Irawadi. Saat meninjau dan sempat keliling lokasi didampingi pimpinan OPD terkait, Komang sempat meminta ada tempat sampah di sejumlah titik.

Gladi bersih juga dipantau langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Blora Arief Rohman didampingi oleh Ketua Harian Kwarcab Blora Slamet Pamuji.

“Dengan gladi bersih dan beberapa tahapan serta pemantapan kepanitiaan, artinya Blora sebagai tuan rumah Jamda ke XV dan peringatan Hari Pramuka ke 58 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2019 telah siap,” kata Slamet Pamuji.

Sesuai rencana, upacara pembukaan akan dipimpin langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Mabida Kwarda Jateng, Selasa (27/8/2019) besok. Informasi dari kesekretariatan Jamda, jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 1.688 peserta. Terdiri dari empat regu putra dan putri anggota penggalang dari utusan kwarcab se- Jawa Tengah. Jumlah tersebut termasuk pembina pendamping dan pimpinan kontingen.

Peserta sudah tiba di lokasi dan mendirikan tenda serta mempersolek seputar lingkungan tenda seperti membuat gapura dari bambu dan memasang asesoris lainnya. Pada Jamda kali ini, sistem zona akan membantu regu peserta dalam menentukan ploting personel dan pergerakan anggotanya. Sebanyak 8 zona kegiatan bakal dilaksanakan.

“Tentu ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi Kwarcab Blora. Oleh karena itu, sebagaimana petunjuk Bupati Blora, semua OPD dilibatkan. Sebab, ribuan peserta pramuka penggalang se-Jawa Tengah akan hadir,” imbuh Slamet.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.