Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Omzet 3 Hari Pameran UMKM di Pesta Rakyat Jateng Hampir Setengah Miliar

0 106

MURIANEWS.com, Wonogiri – Pameran UMKM yang digelar pada Pesta Rakyat Jateng di Wonogiri berhasil membukukan omzet yang cukup besar. Hanya dalam tiga hari pelaksanaan, Jumat (23/8/2019) hingga Minggu (25/8/2019) mencapai hampir setengah miliar rupiah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sri Puryono mengatakan, total terdapat 50 stan yang mengikuti pameran. Jumlah tersebut terdiri 20 stan dari kelompok usaha bersama, 15 stan dari OPD dan 15 stan UKM dari Kabupaten Wonogiri.

“Omzet pembelian langsung dalam pameran UMKM itu mencapai Rp 450 juta,” katanya, Senin (26/8/2019).

Menurut dia, omzet dalam pameran yang digelar di GOR Giri Mandala itu cukup besar, lantaran pameran hanya digelar dalam waktu yang singkat.

Dalam pameran itu terdapat ribuan produk yang dipamerkan. Di antara produk-produk unggulan dari 35 kabupaten/kota itu, beberapa di antaranya sudah berkualitas ekspor.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau pameran itu juga merasa terkagum-kagum dengan produk unggulan Jateng. Ia yakin bahwa semua produk unggulan itu laku di pasar internasional.

“Banyak produk UKM Jateng yang sekarang naik kelas. Semakin tahun makin kelihatan kemajuannya,” kata Ganjar.

Baca juga:

Ia mencontohkan talenan dari kayu pinus yang ada di pameran itu. Talenan yang biasa digunakan untuk ibu-ibu memasak itu dibuat sedemikian rupa, sehingga memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.

Bahkan menurut dia, talenan dari kayu pinus itu sudah diekspor ke Eropa. Ganjar meyakinkan bahwa pemerintah akan terus melakukan pendampingan. agar produk-produk unggulan itu bisa tembus pasar dunia.

“Pendampingan dan pelatihan akan terus kami lakukan. Namun para pelaku UKM juga harus memiliki semangat untuk mewujudkan target itu,” pungkasnya.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.