Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Reaksi Ganjar Ketika Ditantang Minum Brotowali yang Pahitnya Minta Ampun

MURIANEWS.com, Wonogiri – Brotowali merupakan tanaman obat yang dikenal mempunyai rasa pahit yang amat sangat. Namun dari rasa pahitnya itu, brotowali dikenal ampuh mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya pegal-pegal dan rematik.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bahkan sampai merem melek menahan pahit brotowali. Ini terjadi ketika Ganjar ditantang oleh seorang bakul jamu gendong di Wonogiri, Sabtu (24/8/2019). Rastiti namanya.

Tantangan dari Rastiti ini bukan tanpa sebab. Awalnya Ganjar bertanya pada mbok bakul jamu ini tentang jamu apa yang cocok untuk pegal linu.

Maklum Ganjar saat itu baru saja selesai senam, dan ingin memulihkan kondisi tubuhnya karena banyak kegiatan yang harus diikuti dalam even Pesta Rakyat Jateng di Wonogiri ini.

Rastiti yang ditanya langsung menantang sang gubernur. “Kalau pegal dan capek ya brotowali pak. Berani? Tapi harus dihabiskan,” kata Rastiti.

Tak mau terhina, Ganjar langsung menyambut tantangan mbok bakul jamu ini. Namun Ganjar meminta beras kencur sebagai penawar pahit.

Namun ternyata yang harus ditenggak Ganjar, tak hanya brotowali. Rastiti menambahkan ramuan jamu itu dengan daun pepaya yang juga punya rasa pahit dan cabe puyang yang rasanya getir. Komplit sudah rasa pahit yang harus dirasakan gubernur berambut putih ini.

Tak mau sendirian menikmati kepahitan itu, Ganjar juga mengajak serta sang istri Siti Atikoh. Alhasil keduanya dibikin merem melek karena pahit yang lekat di lidah.

Rastiti pun langsung memberi keduanya beras kencur sebagai penawar.

“Brotowali ini bisa menyembuhkan pegal-pegal sampai rematik. Juga menambah nafsu makan. Cabe Puyang juga untuk pegal, dan melancarkan pencernaan,” kata Rastiti.

Ganjar mengakui jika brotowali benar-benar pahit. Bahkan menurutnya rasa pahit itu samlai menempel lekat di seluruh lidah.

“Ini rasanya seperti warnanya, hitam pahit. Nah kalian anak-anak muda, harus mencoba ini biar sehat dan kuat. Yang tua juga,” kata Ganjar.

Jamu gendong ini hadir di Pesta Rakyat Jateng yang dipusatkan di Wonogiri sejak Jumat (23/8/2019) hingga Minggu (25/8/2019). Ini untuk menujukkan bahwa Wonogiri selain dikenal sebagai kota mie ayam, tapi juga Kota Jamu.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...