Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berbekal Motor Dinas, Polisi di Purbalingga Keluar-Masuk Desa Kekeringan Salurkan Air Bersih

0 1.717

MURIANEWS.com, Purbalingga – Hampir semua daerah di Jawa Tengah kini tengah dilanda kekeringan. Ratusan desa mengalami krisis air bersih, lantaran keringnya sumber air di desa-desa tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun sibuk mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah terdampak kekeringan itu. Tak hanya BPBD, kalangan kepolisian juga aktif menerjunkan anggotanya untuk membantu warga yang mengalami krisis air bersih.

Biasanya, polisi mengerahkan unit water canon untuk menyalurkan air bersih. Namun tak jarang juga polisi menggunakan alat seadanya untuk mengirimkan air bantuan ini.

Ini seperti yang dilakukan para polisi di jajaran Polsek Bojongsari Purbalingga. Keterbatasan sarana tak membuat para polisi ini berpangku tangan.

Berbekal sepeda motor dinas yang biasa digunakan untuk blusukan ke desa-desa, para polisi ini keluar masuk dan keliling desa-desa kekeringan di Kecamatan Bojongsari untuk membagikan air bersih.

Sepeda motor dinas itu digunakan untuk mengangkut beberapa jeriken air. Hanya beberapa jeriken yang mampu diangkut. Alhasil para polisi ini harus bolak-balik mengambil dan mengantarkan air.

Kapolsek Bojongsari AKP Imam Hidayat mengatakan, ada tiga unit sepeda motor dinas yang digunakan untuk aksi sosial ini. Motor-motor ini diawaki oleh para Bhabinkamtibmas.

“Kami sudah rutin menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di sejumlah desa yang mengalami kekeringan. Yang berbeda dalam penyaluran kali ini, kami libatkan Bhabinkamtibmas dengan sepeda motor dinasnya untuk mengirim bantuan air bersih,” katanya, Sabtu (24/8/2019).

Ia mencontohkan pada Jumat (23/8/2019) kemarin, personel Bhabinkamtibmas keliling ke Desa Mentenggeng, Kecamatan Bojongsari untuk menyalurkan air bersih.

Menurutnya, penggunaan sepeda motor dinas ini difungsikan untukl menyalurkan air ke daerah-daerah yang sulit terjangkau dengan truk tangki air.

“Dengan demikian, warga juga bisa mendapat bantuan air bersih seperti warga lain tanpa harus berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh,” kata kapolsek.

Kapolsek menambahkan bantuan air bersih masih akan dilakukan di desa-desa lain di wilayah Kecamatan Bojongsari menggunakan sepeda motor dinas. Dengan demikian seluruh wilayah yang sulit dijangkau mobil pengangkut air bisa mendapatkan bantuan air bersih dari Bhabinkamtibmas untuk keperluan sehari-hari.

Hadi (48) salah satu warga Dusun Karangjati, Desa Metenggeng menyebut jika warga di desanya sudah berbulan-bulan mengalami kesulitan air akibat kekeringan. Sehingga warga sangat terbantu dengan adanya bantuan air dari Polsek Bojongsari itu.

“Harapan kami pemberian bantuan air bersih dari Polsek Bojongsari yang dibawa dengan sepeda motor dapat dilaksanakan secara rutin,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.