Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kekurangan Air Bersih, Satu Desa di Kudus Minta Bantuan BPBD

MURIANEWS.com, Kudus – Memasuki akhir bulan Agustus 2019, sejumlah desa di Kudus mulai meminta droping air bersih di BPBD Kudus, Kamis (22/8/2019). Setidaknya ada satu desa, yakni Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu yang sudah terdampak kekurangan air bersih.

Hal ini diungkapkan staf BPBD Kudus Agus Widayat saat ditemui di kantornya, Kamis (22/8/2019). Menurutnya, hingga akhir bulan Agustus ini baru ada satu desa yang mengajukan ke BPBD yang terdampak kekurangan air bersih.

“Yang mengajukan kekurangan air bersih baru Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini Desa Setrokalangan menjadi desa pertama yang mengajukan pengiriman air bersih. Menurutnya, di desa tersebut ada enam RT yang terdampak kekurangan air bersih.

“Untuk desa ini nantinya yang melakukan distribusi air bersih dari PMI. Karena kami juga berkoordinasi dengan beberapa pihak. Seperti dari PMI,” katanya.

Lebih lanjut, untuk prosedur permintaan air bersih warga harus mengusulkan lewat pemerintah desa terlebih dahulu. Setelah itu diusulkan melalui kecamatan, baru sampai di BPBD. Setelah itu baru dilakukan survei apakah desa yang tersebut kekurangan air bersih benar apa tidak.

“Baru kemudian apabila memang benar, maka dilakukan droping air bersih. Yang pengiriman air bersih ini dilakukan secara terjadwal, bisa dua hari sekali atau tiga hari sekali,” ungkapnya.

Sebelumnnya, BPBD Kudus telah menyiapkan sebanyak 280 tangki air bersih. Setiap tangkinya dengan kapasitas 5 ribu liter.

Selain itu juga, BPBD Kudus telah memetaka wilayah desa di Kota Kretek yang rawan akan kekurangan air bersih. Tercatat ada sebanyak 23 desa di enam kecamatan yang rawan akan kekurangan air bersih. Seperti di Kecamatan Kaliwungu yakni di Desa Papringan, Banget, Sidorekso, Kedungdowo, Blimbing Kidul, dan Setrokalangan.

Selanjutnya di Kecamatan Undaan. Meliputi Desa Kutuk, Glagahwaru, Terangmas, Kalirejo, dan Lambangan. Lalu di Kecamatan Mejobo yaitu di Desa Kesambi, Temulus, Hadiwarno, Jojo, dan Payaman.

Berikutnya di Kecamatan Jekulo yang rawan yaitu di Desa Bulungcangkring, Bulung Kulon, Sidomulyo, Sadang, dan Pladen. Kecamatan Dawe di Desa Kandangmas. Dan Kecamatan Gebog di Desa Menawan.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...