Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angkat Tema Akar, Kelompok Musik Urvacreato Siap Meriahkan FASBuK

MURIANEWS.com, Kudus – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) akan kembali menggelar lawatan rusin sastra dan budaya. Kali ini mengambil tajuk “Akar“ di Auditorium Universitas Muria Kudus, Jumat (23/8/2019) besok.

Ketua Badan Pekerja FASBuK Arfin AM mengatakan, setelah kemarin para penikmat seni dihibur dengan penampilan dari Gabus Pati (Gagego Musik Kampoeng) kali ini, giliran kelompok musik asal Kudus, Urvacreato mempersembahkan pertunjukan musik yang dikolaborasikan dengan unsur seni pertunjukan lainnya.

“Urvacreato adalah kelompok musik beranggotakan empat personel. Mereka adalah Iqbal Kholik (drum), Syairirrokhil (bas), Abdur Rouf (gitar), Urva Wirdatiyani (gitar dan vokal),” katanya.

Ia mengatakan mereka akan membawakan 9 lagu dalam album “Akar“. Lagu itu terinspirasi dari kisah nyata para personel maupun dari keadaan di sekitarnya. Akar merupakan salah satu karya Urvacreato yang menjadi penguat semangat dalam berproses.

“Seperti pada umumnya, akar adalah pondasi awal dari terbentuknya sebuah pohon, bagian pokok dari tanaman, akar tumbuh dari bibit, melewati berbagai musim dan terus berkembang menjalar untuk menghidupi pohon yang rindang penuh daun, bunga ataupun buah,” terangnya.

Sedangkan untuk Urvacreato berdiri seperti akar yang tumbuh dari bibit dan memberikan kehidupan bermusik melalui karya di lingkungannya. Eksistensi tak akan luput dari berdirinya sebuah kelompok. Akar dipilih untuk mengingatkan kembali bahwa dalam sebuah proses tidaklah mudah.

“Harus tetap mempunyai usaha serta saling menguatkan agar tetap diakui keberadaanya,” lanjutnya.

Selama 1 tahun ini, selain tampil di berbagai even, Urvacreato menciptakan lagu dan syair yang bisa dikatakan kekinian. Di antaranya lagu yang berjudul Sunyi, Figura, dan Bungaku syair yang mereka tulis begitu erat dengan kehidupan anak muda di masa sekarang.

Selain syairnya komposisi aransemen musiknya pun sangat bisa menyatu dengan para pendengar khususnya anak muda. Namun tidak hanya tentang suasana hati saja, beberapa lagu yang mereka ciptakan terinspirasi dari kehidupan yang ada di sekitarnya, Nusantara, Manusia, Jangan Lupa Bernyanyi, Waktu dan Akar memiliki pesan yang mendalam bagi kita khususnya generasi muda.

“Dalam pertunjukan di Panggung FASBuK ini tentu akan berbeda pada pertunjukan musik mereka sebelumnya, tidak hanya menampilkan musik saja akan tetapi mereka akan menyuguhkan seni pertunjukan lain,” jelasnya.

Dengan dihadirkannya kelompok musik ini, diharapkan dapat memotivasi anak muda Kudus agar bisa berkarya sesuai bidang yang mereka sukai. Tentu saja agar kelompok musik yang lain dapat lebih produktif menciptakan karya, bukan untuk mengcover karya orang.

“Karena kami yakin generasi muda sekarang sangat berpotensi dalam segala hal yang bisa mengarahkan mereka lebih berprestasi untuk melakukan kegiatan positif, untuk itulah FASBuK selalu hadir membuka ruang-ruang pertunjukan bagi siapapun yang mempunyai karya baik itu Sastra maupun Seni Pertunjukan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...