Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diberikan Lewat Bansos, Penerima Tunjangan Guru Swasta di Kudus Bakal Dievaluasi

MURIANEWS.com, Kudus – Pemberian Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) tahun depan akan diupayakan melalui Bantuan Sosial (Bansos) Dinas Sosial P3AP2KB Kudus. Pasalnya, pemberian dana melalui hibah tidak bisa dilaksanakan dua tahun berturut-turut.

”Tahun depan akan menggunakan bantuan sosial melalui dinsos,” ucap Plt Bupati Kudus HM Hartopo.

Evaluasi terkait siapa saja penerima TKGS juga akan dilakukan. Ini lantaran Bansos memiliki kriteria khusus pada penerimanya. ”Akan ada perubahan kriteria bagi penerima TKGS di 2020 nanti,” sambung Hartopo.

Hartopo menyebut, pemberian TKGS 2020 akan menyasar pada guru swasta dengan kondisi perekonomian menengah ke bawah. Sedang lamanya masa bhakti masih belum berpengaruh terhadap penerimaan.

”Akan disaring dari faktor perekonomiannya,” jelasnya.

Fakta di lapangan memang membuktikan jika beberapa penerima TKGS dari segi perekonomiannya sudah cukup mampu dan bisa dibilang dalam kategori menengah ke atas. Banyak guru swasta yang membuka usaha selain berprofesi menjadi guru.

”Yang seperti itu banyak di lapangan, sementara kami saring terlebih dahulu saat sistemnya menggunakan Bansos lewat Dinsos,” ucap Hartopo.

Baru saat di tahun 2021 nanti, para guru swasta yang tidak lolos klasifikasi pada Bansos bisa mengajukan dan mendapatkan TKGS kembali. Terlebih lagi dana hibah yang bersumber dari APBD bisa digunakan kembali.

”Baru di 2021 jika tidak ada perubahan klasifikasi, mereka yang tidak menerima di 2020 bisa mengajukan kembali,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...