Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kali Ngerebu Jepara Akan Dijadikan Waduk, untuk Pengairan dan Wisata Air

0 362

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kini serius mengkaji rencana pembangunan bendungan atau waduk di Kali Ngerebu yang terletak di antara Desa Papasan, Kecamatan Bangsri dan Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji.

Pembangunan bendungan ini diproyeksikan menggunakan dana dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tim dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana sudah melihat kondisi langsung calon lokasi bendungan tersebut.

Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, pembangunan bendungan atau waduk di lokasi itu diharapkan akan menopang ketersediaan air untuk beberapa wilayah. Di antaranya adalah Bangsri, Mlonggo dan Pakisaji.

Selain untuk irigasi persawahan, keberadaan bendungan ini nantinya juga bisa dikembangkan untuk lokasi wisata. Kehadiran tim dari BBWS Pemali Juana, adalah untuk melihat secara langsung lokasi yang akan diajukan pembangunan bendungan.

“Nanti tim akan melakukan kajian kelayakan dan syarat-syarat lainnya. Hanya saja dari sekilas tinjauan lapangan ini, Pak Rubhan (Kepala BBWS) menyatakan sudah cukup layak, termasuk debit air yang akan memasok air ke bendungan ini,” jelas Dian Kristiandi, Rabu (21/8/2019).

Sementara itu, Rubhan Ruzziyatno, Kepala BBWS Pemali Juana mengungkapkan, di lokasi Sungai Ngerebu lebih cocok dibuat bendungan atau waduk daripada hanya bendung. Dengan dibuat bendungan akan lebih banyak memiliki manfaat. Selain untuk air baku dan irigasi, bendungan juga untuk pengendalian banjir.

Rubhan menambahkan, potensi untuk dibangun bendungan cukup besar, sebab debit air masih cukup tinggi. Menurut pengamatannya, setiap detik debit air di Kali Ngerebu masih 25-30 liter/detik.

“Konturnya juga cukup baik untuk dibuat bendungan. Kita minta pemkab untuk membuat studi potensi dan nanti kita akan buatkandetail engineering design (DED) nya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rubhan menjelaskan Bendungan Ngrebu ini diperkirakan bisa menampung sekitar 20 juta meter kubik. Paling cepat, pembangunan bendungan itu bisa dilakukan pada 2021 atau 2022 mendatang.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.