Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lagi, Ditemukan Fosil Kerbau Raksasa di Situs Banjarejo Grobogan, Begini Bentuknya

MURIANEWS.com, Grobogan – Koleksi benda purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus bertambah satu lagi. Ini menyusul ditemukannya barang baru yang cukup spektakuler. Yakni, fosil kepala kerbau raksasa yang ditemukan Senin (19/8/2019) kemarin.

Pada tahun 2015 lalu, sudah pernah ditemukan fosil kerbau raksasa di pinggiran sungai Lusi di sebelah utara Dusun Barak. Fosil pertama yang ditemukan ukurannya sangat besar.

Fosil kepala kerbau pertama ini panjang antar ujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

“Fosil kepala kerbau yang baru ditemukan ini sedikit lebih besar dari penemuan yang pertama. Perkiraan usianya kayaknya hampir sama, sekitar 500 ribu tahun,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik, Selasa (20/8/2019).

Menurut Taufik, meski ukurannya lebih besar, tetapi fosil yang kedua ini kondisinya tidak seutuh penemuan pertama. Dimana, pada satu tanduk sebelah kiri hanya ketemu separuh bagiannya saja.

Dijelaskan, kedua fosil ditemukan oleh orang yang sama. Yakni, perangkat Desa Banjarejo Budi Setyo Utomo yang selama ini memang dikenal sebagai penemu fosil handal.

“Lokasi ditemukannya kedua fosil kerbau raksasa itu berdekatan. Sekitar 100 meteran jaraknya antara penemuan pertama dan kedua. Kami sudah melaporkan penemuan itu pada Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran,” imbuh Taufik.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...