Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sejak Januari 2019, Sudah Ada 60-an Kebakaran di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Kejadian kebakaran di Kabupaten Jepara seolah menjadi langganan setiap tahun. Memasuki musim kemarau biasanya angka kejadian menjadi semakin meningkat.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kantor Satpol PP dan Damkar, Jepara, Surana menyatakan, sampai saat ini sudah ada sekitar 60 kejadian kebakaran. Kebanyakan terjadi pada gudang mebel dan oven kayu. Sedangkan lainnya ada yang terjadi di bangunan rumah, ladang tebu dan semak belukar.

Sejak Januari, saat sebenarnya masih berlangsung musim hujan, pihaknya sudah mencatat sedikitnya ada 26 kejadian kebakaran. Kejadian kebakaran didominasi rumah dan pengering kayu di industri mebel. Angka tersebut sampai Juni tahun ini.

“Memasuki musim kemarau, jumlah kejadiannya langsung meningkat drastis. Kami harus selalu ekstra siaga untuk menghadapi berbagai kemungkinannya,” ujar Surana, Selasa (20/8/2019).

Mulai Juni hingga Agustus 2019 ini, saat kemarau mulai berlangsung, angka kejadian kebakaran menjadi lebih banyak lagi. Dalam bulan Juni 2019 saja sudah ada 7 kali kejadian kebakaran. Jumlah itu kemudian terus naik memasuki bulan Juli hingga Agustus ini.

Menurut Surana,  pada saat kemarau, suhu panas yang terjadi, didukung angin kencang, akan mudah membuat api tidak terkendali. Dari aktivitas kecil membakar sampah saja, bisa menimbulkan bahaya kebakaran jika tidak diawasi dengan benar.

“Dari kejadian yang sudah ada, kalau kebakaran di gudang mebel sering disebabkan karena mesin oven kayu yang tidak terkontrol atau bermasalah. Jika di lahan, ada beberapa sebab. Kalau tidak karena membakar sampah, ya karena buang putung rokok sembarangan. Api membesar,” jelas Surana.

Jumlah kejadian kebakaran yang saat ini terjadi memang masih di bawah angka yang terjadi pada 2018 lalu. Pada tahun lalu, secara keseluruhan terjadi 122 kejadian kebakaran.

Pada Agustus tahun 2018 jumlah kejadian kebakaran sudah mencapai 65 kejadian. Sehingga bisa dikatakan angkanya sejauh ini masih relatif sama.

Kejadian yang cukup menimbulkan kerugian adalah pada saat terjadi kebakaran di Gudang Mebel Republik di Desa Kecapi, sekitar dua pekan lalu. Kebakaran yang terjadi menimbulkan kerugian hingga Rp 4 miliar.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...