Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

19 Anggota BPD dari Tiga Desa di Kudus Dilantik di Pendapa Kabupaten

0 132

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 19 anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 dari tiga desa di Kecamatan Dawe, Kudus resmi dilantik Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Pelantikan dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (20/8/2019) pagi.

Tiga desa tersebut yakni, Desa Tergo lima orang, Desa Japan lima orang, dan Desa Cendono sembilan orang. Tiga desa tersebut merupakan kloter terakhir setelah sebelumnya seluruh BPD di Kota Kretek dilantik secara bergantian per kecamatan.

Usai pelantikan, Hartopo meminta para aggota BPD yang baru dilantik untuk bekerja dengan baik dan profesional sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Mengingat BPDmerupakan bagian dari pemerintah yang bertugas mengawasi dan mendampingi Pemerintas Desa menyusun APBDes.

“Kinerja mereka saya harapkan bisa menyesuaikan dengan cepat, terutama Desa Tergo yang APBDes nya sempat mandek,” ucapnya.

BPD juga harus bisa berkomunikasi dan berkoordinasi secara baik dengan Kepala Desa. Segala jenis kegiatan di desa, baik pembangunan maupun sosial kemasyarakatan diharapkan bisa didampingi dan dipantau dengan baik.

“Penyusunan laporan pertanggunggjawaban APBDes apalagi, harus dipantau,” lanjutnya.

Saat pendampingan proses penyusunan APBDes, anggota BPD harus jeli memilah program mana seharusnya diprioritaskan. Program harus dilihat dari kebutuhan masyarakat di desa. Dengan tujuan anggaran Dana Desa (DD) dan Dana Alokasi Desa (ADD) bisa tersserap dengan baik.

“Saya harap BPD yang dilantik segera melakukan koordinasi dengan kepala desa,” tambah Hartopo.

Terpenting, tugas dari BPD adalah melayani masyarakat bersama Kades. Sehingga harus benar-benar ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Aspirasi-aspirasi liar di masyarakat diharapkan bisa diserap dan dijaring dengan baik.

“Semua aspirasi masyarakat harusnya bisa di tampung seluruhnya,” lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Kudus Adi Sadhono mengatakan, pelantikan anggota BPD untuk Desa T ergo, Japan dan Cendono baru bisa dilaksanakan hari ini karena proses pemilihannya terlambat.

“Untuk Desa Tergo, juga berkaitan dengan penyusunan APBDesnya,” terangnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.