Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Produksi Kopi Pati Capai Satu Juta Ton Pertahun

MURIANEWS.com, Pati – Komoditas kopi di Kabupaten Pati, ternyata mempunyai potensi produksi tinggi. Tak tanggung-tanggung, dalam jangka waktu satu tahun, petani dapat menghasilkan satu juta ton kopi dari lahan seluas 2200 hektare.

Jika diperinci lagi, setiap satu hektare kebun kopi rata-rata mampu menghasilkan 700 ton setiap tahunnya.

Hal itu dikatakan Kasi Promosi pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati Alfia Ningsih, Selasa (20/8/2019). Bahkan dirinya mengakui, Pati merupakan surganya kopi robusta.

“Komoditas kopi ini sangat besar di Pati. Tapi kita belum menyadari hal itu. Padahal, jika dikembangkan dengan baik, tentu akan mempunyai nilai jual tinggi,” katanya.

Dari pemetaan yang dilakukan pihaknya, ada 14 desa di Pati yang berpotensi menjadi penghasil kopi. Belasan desa itu berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Gembong, Cluwak dan Tlogowungu.

Bahkan dirinya menyebut bahwa kopi dari Pati mempunyai sejarah panjang. Terbukti dengan adanya pabrik kopi Jolong yang merupakan peninggalan Belanda.  “Potensi inilah yang patut kita pertahankan,” ujarnya.

Untuk itu menurut dia, dinas terkait harus berusaha keras memaksimalkan potensi kopi di Pati. Sebab, mulai dari penanaman, pengolahan hingga pemasaran, tidak bisa dilakukan hanya satu dinas.

“Mulai dari awal penanaman, pemanenan, pengolahan hingga pemasaran, perlu melibatkan dinas-dinas yang terkait. Sehingga penggarapan potensi kopi ini bisa lebih maksimal,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...