Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gubernur Ganjar Jamin Warga Papua Aman di Jawa Tengah

0 225

MURIANEWS.com, Semarang – Gejolak yang terjadi di Papua, yang terjadi akibat konflik mahasiswa dengan oknum ormas dan masyarakat di Surabaya dan Malang, hingga menyebar ke sejumlah daerah membuat sejumlah pihak prihatin.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun meminta warganya untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa memperkeruh suasana.

Selain itu, Ganjar juga memastikan untuk memberi jaminan keselamatan dan keamanan bagi seluruh warga Papua yang berada di Jawa Tengah. Termasuk para mahasiswa Papua yang tengah belajar di sejumlah perguruan tinggi di provinsi ini.

“Saya jamin kemanan saudara dari Papua yang ada di sini (Jawa Tengah). Saya minta warga Jateng juga ikut menjaga, karena mereka ini adalah saudara sebangsa se-Tanah Air,” katanya, Selasa (20/8/2019).

Apalagi menurut Ganjar, sebagian besar warga Papua yang berada di Jateng merupakan para pelajara/mahasiswa. Sehingga masyarakat juga diminta untuk menjaga keamanan warga Papua agar tak terganggu.

”Banyak saudara kita dari Papua ini sedang sekolah. Jadi mari kita jaga agar belajarnya tidak terganggu dengan urusan ini,” kata Ganjar.

Ia juga menyebut telah menelepon Gubernur Papua Lukas Enembe dan sejumlah tokoh dan mahasiswa di Papua untuk memastikan keamanan warganya di Jateng.

Yang terpenting menurut dia, masyarakat Indonesia khususnya warga jateng agar menahan diri. Termasuk tidak melakukan hal-hal yang justru memperkeruh situasi, serta menyebarkannya melalui media sosial.

“Sudah, ayo saling memaafkan, jangan dikembangkan lagi. Kadang satu kalimat yang tidak baik, semua tulisan yang masuk dalam medsos tidak baik, itu akan membakar,” terangnya.

Ganjar khawatir, polemik yang muncul saat ini akan ditunggangi oleh kepentingan lain. Sehingga akan merugikan bangsa Indonesia sendiri.

”Nanti penumpang gelap yang ingin Indonesia tidak bersatu akan memanfaatkan. Mari menjaga diri, saling memaafkan,” pesannya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.