Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beri Kuliah Umum di UI, Ganjar Pamer Gaji Lulusan SMKN Jateng

0 799

 

MURIANEWS.com, Jakarta – Jika sebelumnya geger soal alumni Universitas Indonesia (UI) yang menolak gaji Rp 8 juta, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo giliran pamer gaji lulusan SMKN Jateng yang sampai Rp 25 juta.

“Mestinya lulusan UI memang di atas Rp 8 juta. Karena lulusan SMKN Jateng saja antara Rp 9 juta sampai Rp 25 juta,” seloroh Ganjar.

Pernyataan Ganjar soal candaan gaji itu dilontarkan saat politisi PDI Perjuangan ini mengisi kuliah umum pada Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI di Balaiurang UI Depok, Senin (19/8/2019).

Menurut Ganjar, lulusan SMKN Jateng banyak yang bekerja di perusahaan ternama di Indonesia. Oleh karenanya mereka mendapat gaji yang besar.

Banyak perusahaan ternama yang antre merekrut lulusan SMKN Jateng, karena mereka mempunyai etos kerja dan kedisiplinan yang tinggi.

Saat ini SMKN Jateng telah meluluskan 354 orang yang terbagi dalam tiga angkatan sejak tahun awal berdiri pada 2014 silam dari 9 program keahlian.

Ganjar mengatakan, 81 persen dari mereka saat ini telah bekerja di perusahaan-perusahaan ternama tanah air. Para lulusan itu bahkan tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan, karena sebelum mereka diwisuda telah banyak perusahaan yang “melamar”. PT Komatsu, PLN, PT Hitachi, PT BUMA sampai Indonesia Power telah jadi “langganan” tetap para lulusan.

Selain itu, ada tiga perusahaan yang membuka kelas di SMK khusus untuk siswa miskin berpretasi itu. Tiga perusahaan itu yakni PT Cogindo Daya Bersama ( Indonesia Power) PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), dan PLN. Bahkan PT Komatsu Undercarriage Indonesia saat ini juga tengah persiapan turut membuka kelas.

“Ini link and match antara dunia pendidikan dengan industri seperti yang diharapkan Presiden Jokowi,” katanya.

Lamaran dari perusahaan-perusahaan tersebut tentu sulit ditolak oleh para lulusan, terutama karena besarnya gaji yang diterima. Sebagai perbandingan, untuk karyawan PT BUMA, misalnya, seperti dilansir jobloker.co.id mereka menerima gaji pokok sekitar Rp 15 juta perbulan.

“Gaji mereka berkisar Rp 9 juta bahkan ada yang mencapai Rp 25 juta saat ini,” katanya.

Ganjar mengatakan para lulusan dari lembaga pendidikan terbaik di Tanah Air sudah semestinya memperoleh pekerjaan dan penghargaan yang layak, khususnya untuk gaji.(lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.