Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Besok, PDIP Umumkan Pimpinan Sementara DPRD Kudus

0 82

MURIANEWS.com, Kudus – PDI Perjuangan bakal mengumumkan pimpinan sementara DPRD Kudus, Selasa (20/8/2019) besok. Hal ini dilakukan lantaran sebelum terbentuk pimpinan DPRD Kudus definitif maka dipimpin oleh pimpinan sementara.

Hal itu sesuai dengan Undang-Undang 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, pasal 165 ayat 1 menyebut bahwa pimpinan DPRD kabupaten atau kota sebagaimana di maksud pasal 166 ayat 1 belum terbentuk, DPRD kabupaten/kota dipimpin oleh pimpinan sementara.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus Ahmad Yusuf Roni mengatakan, rencananya besok akan diumumkan pimpinan sementara DPRD Kudus dari partai PDIP. Ini dilakukan mengingat PDIP meraih kursi terbanyak di pemilu 2019 di Kudus.

“Besok akan diumumkan,” jelasnya yang juga saat ini menjabat Ketua DPRD Kudus, Senin (19/8/2019).

Ia mengatakan, pimpinan sementara itu akan memimpin sidang di DPRD Kudus sampai nantinya pimpinan DPRD definitif sudah ditentukan oleh masing-masing partai politik peraih kursi terbanyak.

“Nantinya saat pelantikan ada penyerahan palu sidang dari pimpinan periode 2014-2019 ke pimpinan sementara nantinya,” katanya.

Disinggung soal nama ketua DPRD Kudus, ia mengaku hingga kini belum keluar. Pihaknya pun masih menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan.

“Kalau yang ketua DPRD Kudus, kami masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP. Belum ada namanya,” ungkapnya.

Sebelumnya, PDIP meraih delapan kursi di DPRD Kabupaten Kudus. Dengan rincian di daerah pemilihan (dapil) satu mendapatkan tiga kursi. Kemudian di dapil dua mendapatkan dua kursi, di dapil tiga mendapatkan satu kursi, dan di dapil empat mendapatkan dua kursi.

Di posisi kedua peraih kursi terbanyak ialah PKB. PKB meraih tujuh kursi. Dengan rincian satu kursi di dapil satu, lalu dua kursi di dapil dua, lalu tiga kursi di dapil tiga, dan satu kursi di dapil keempat.

Raihan tujuh kursi juga didapatkan oleh Partai Golkar. Partai pohon beringin itu, mendapatkan tujuh kursi. Dengan rincian satu kursi di dapil satu, dua kursi di dapil dua, dua kursi di dapil tiga, dan dua kursi di dapil empat.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.