Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hutan Gunung Merapi Terbakar, Ratusan Personel Dikerahkan

0 32

MURIANEWS.com, Magelang – Hutan di lereng Gunung Merapi di kawasan Jurang Jero Kabupaten Magelang, terbakar. Api diketahui mulai muncul sejak Minggu (18/8/2019) malam tadi. Pagi ini ratusan personel gabungan dikerahkan menuju lokasi kebakaran.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang, Edy Susanto kepada wartawan mengatakan, kebakaran itu kali pertama terpantau sekitar pukul 18.45 WIB. Titik api terlihat di hutan kawasan Jurang Jero, Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Magelang.

“Lokasi titik api berada di atas PUD 5 atau penduduk sekitar menamainya ‘Resa’,” katanya.

Ia menuturkan BPBD telah melakukan koordinasi dengan Taman Nasional Gunung Metapi (TNGM) untuk penanganan kebakaran di kawasan Gunung Merapi tersebut.

Menurutnya, sekitar pukul 20.50 WIB tim dari TNGM sudah menuju lokasi. Tim dari TNGM membawa peralatan pemadaman api dan menggunakan mobil Slip On.

Senin (19/8/2019) pagi, sekitar 500 personel gabungan dari BPBD, TNGM, Polri dan TNI dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar hutan di lereng Merapi itu. Upaya pemadaman masih dilakukan secara manual.

”Sekitar 500 orang yang terlibat. Dan sebelum melakukan pemadaman dilakukan apel di daerah Jurang Jero,” ujarnya.

Ia menyebut, tim gabungan itu bergerak menuju lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Fokus pemadaman berada di petak 8D dan F 87.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.