Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Budayawan: Ratu Kalinyamat Jangan Hanya Dipahami Lewat Karnaval

0 1.952

MURIANEWS.com, Jepara – Sebagai salah satu tokoh sentral dalam sejarah Jepara yang memiliki peran besar dalam perjalanan bangsa Indonesia, Ratu Kalinyamat tidak boleh hanya dipahami lewat karnaval atau bahkan tarian.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 1988, penobatan putri Sultan Trenggono sebagai penguasa Jepara ini, telah ditetapkan menjadi Hari Jadi Jepara. Sehingga setiap tahun orang Jepara memperingatinya. Bahkan dalam karnaval tingkat desa, selalu ada penampilan Ratu Kalinyamat.

Hal ini disampaikan Hadi Priyanto, salah satu tokoh budayawan Jepara, terkait dengan keberadaan Ratu Kalinyamat di tengah masyarakat Jepara.

Menurutnya, masyarakat harus mengetahui betul tentang apa dan siapa Ratu Kalinyamat seutuhnya. Tidak hanya sebatas pada karnaval-karnaval yang rutin dilakukan di Jepara.

“Masyarakat harus mulai diajak berpikir tentang nilai-nilai keutamaan apa yang bisa diwarisi dan relevan untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi, dari sosok Ratu Kalinyamat. Ini penting,” ujarnya, Minggu (18/8/2019).

Masih menurut Hadi Priyanto, pemahaman mengenai sejarah Ratu Kalinyamat harus disampaikan secara benar kepada masyarakat. Ada banyak nilai keutamaan yang bisa diambil dari sosok seorang Ratu Kalinyamat.

Pada zamannya, Ratu Kalinyamat telah mengembangkan spirit nasionalisme yang tidak sempit. Semangat pluralisme, kesetaraan politik perempuan, komitmen relijiusitas yang kuat serta kepercayaan diri yang teguh, juga ada pada Ratu Kalinyamat.

“Sampai saat ini, belum ada langkah-langkah kongkrit untuk hal-hal seperti ini. Sehingga yang muncul hanya sekadar Ratu Kalinyamat di arena karnaval,” tambahnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.