Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Meriahkan Kemedekaan, Bendera Sepanjang 100 Meter Diarak Keliling Desa di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Berbagai upaya untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 dilakukan oleh para pelajar Kabupaten Pati. Salah satunya dengan mengarak bendera merah putih sepanjang 100 meter.

Ini dilakjkan para pelajar Yayasan Luhful Ulum Wonokerto, di Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Pati, Minggu (18/8/2019). Pengarakan bendera itu pun menjadi perhatian warga setempat.

Warga pun mengabadikan momen yang istimewa itu dengan gawainya. Bahkan, sebagian dari mereka ada yang ikut swafoto.

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Madrasah Luthful Ulum yang ke-34 dan HUT RI ke- 74 Ahmad Paminto mengatakan, kirab bendera sepanjang 100 meter tersebut adalah yang pertama kali dilakukan. Hal ini sekaligus untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia.

“Kirab bendera ini adalah sebagai wujud rasa syukur bahwa Indonesia telah merdeka. Kami sebagai instansi sekolah juga turut memeriahkan kemerdekaan ini,” ungkapnya.

Selain bendera raksasa, dalam kirab itu juga diarak gunungan yang merupakan hasil bumi Desa Pasucen. Ada jagung, kacang panjang, terong dan berbagai sayuran lainnya.

“Sementara gunungan ini filosofinya adalah simbol kemakmuran. Setelah Indonesia merdeka, kemakmuran masyarakat perlahan mulai merata, termasuk di Desa Pasucen,” terangnya.

Dirinya juga berharap, dengan adanya kirab bendera dan gunungan ini, para pelajar dapat mengambil nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Bahwa pengibaran bendera saat pertama kali kemerdekaan adalah suatu hal yang sakral.

“Sehingga, dengan mengarak bendera sepanjang 100 meter ini, para pelajar mengerti arti kemerdekaan,” tandasnya.

Selain kirab bendera dan gunungan, ada juga pertunjukan lima marching band.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...