Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDAM Luncurkan Keran Air Siap Minum di Alun-Alun Kudus

1 719

MURIANEWS.com,Kudus – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus meluncurkan keran air siap minum di bagian timur Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (17/8/2019). Peresmian dilakukan langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo usai memimpin Upacara HUT ke-73 RI.

Direktur PDAM Kudus, Ayyatullah Humaini mengatakan, pemasangan merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) pada masyarakat Kota Kretek. “Ini salah satu bentuk CSR kami untuk warga Kudus, khususnya yang sedang berolahraga di Alun-alun,” ucapnya.

Selain program CSR, adanya keran air siap minum juga diharapkan bisa mengurangi penggunaan plastik pada botol kemasan. Para warga Kudus yang ingin berolahraga di Alun-alun cukup membawa botol isi ulang dan airnya bisa mengambil di keran tersebut.

“Ini juga diharapkan bisa mengurangi pembelian dan penggunaan air minum botol plastik,” lanjutnya.

Air dari keran siap minum berasal dari pipa milik PDAM yang dialirkan langsung. Kemudian disaring menggunakan mesin buatan Indonesia yang telah teruji sertifikasinya. Mesin juga dipastikan bisa membuat air minum lebih higienis.

“Kami yakin tidak ada masalah lagi untuk kualitas air minumnya, pengunjung bisa mencicipi sendiri,” terangnya.

Ke depan, direncanakan penambahan mesin di beberapa titik lagi. Seperti pada kompleks Balai Jagong, DPRD Kabupaten, Menara Kudus, dan beberapa sekolah yang dirasa telah siap. Hanya pelaksanaannya, akan dilakukan mulai 2020 mendatang.

“Sedang kami kaji loaksi-lokasi yang pas,” ucapnya.

Humaini berharap, fasilitas yang diberikan untuk publik bisa dijaga dan dirawat dengan baik. Mengingat pihaknya juga membuatkan keran air siap minum untuk masyarakat secara umum.

“Fasilitas ini bisa dipakai banyak pihak. Harapannya bisa dirawat bersama-sama,” tandasnya.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi langkah PDAM dalam keikutsertaannya membantu mengurangi limbah plastik di Kota Kretek.  Hartopo menyebut, warga yang berolahraga ketika telah habis air minumnya bisa mengambil air di keran tersebut.

“Jadi tidak usah beli air botol plastik terus menerus,” lanjtnya.

Ia juga berpesan agar masyarakat bisa menjaga dengan baik fasilitas publik tersebut. Dengan harapan masyarakat bisa menikmati fasilitas tersebut secara maksimal. “Mari dirawat bersama dan dinikmati bersama,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

  1. Adi berkata

    mengganggu juga ketika baca “…Sabtu (17/8/2019). Peresmian dilakukan langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo usai memimpin Upacara HUT ke-73 RI.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.