Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ayah Biologisnya Ketemu, Bayi yang Dibuang di Pati Akhirnya Dirawat Orang Tuanya

0 12.337

MURIANEWS.com, Pati – Teka-teki tentang ayah biologis dari bayi yang dibuang oleh neneknya di pinggir Sungai Sering Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Pati, terkuak. Pria berinisial CH (24) warga Kudus itu akhirnya ditemukan.

Tak hanya itu, CH juga menyatakan mau bertanggung jawab. Lelaki itu menyatakan akan menikahi AZR (18) ibu bayi yang dibuang itu.

Bahkan, CH dan AZR sudah sepakat untuk mengasuh anaknya itu. Sementara nenek yang membuang bayi, yakni Endang (38) tetap menjalani proses hukum yang berlaku.

Kepala Dinas Sosial Pati Subawi melalui Pekerja Sosial Perlindungan Anak Kemensos Ferdi, menyebut telah mengunjungi AZR dalam rangka untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

“Saat ini permasalahan bayi sudah rampung. Karena ayah bayi, telah ditemukan. Ayah bayi itu datang sendiri ke Pati dan mau bertanggungjawab. Dalam waktu dekat akan menikahi ibu bayi,” katanya, Sabtu (17/8/2019).

Bayi yang ditemukan di pinggir sungai. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

Lebih lanjut, sejak ditemukannya bayi tersebut di pinggir sungai pada Minggu (11/8/2019) malam lalu, banyak orang yang ingin mengadopsinya. Lebih dari sepuluh warga ingin mengadopsi bayi tersebut.

“Karena sudah diasuh oleh orang tuanya, sehingga tidak ada proses adopsi,” imbuhnya.

Dia juga mengaku, sejak awal pihaknya memang belum berani mengumumkan untuk diadopsi. Karena tak lama selang ditemukan bayi, polisi menemukan pelakunya. Sehingga sudah jelas ibu dari bayi tersebut.

“Untuk itu sembari menunggu proses penyelidikan dan ibu bayi yang baru melahirkan, kami terus memantaunya hingga sudah ada keputusan yang jelas,” katanya.

Baca juga:

Untuk saat ini, bayi yang dibuang itu masih dirawat di RSUD Soewondo mengingat kondisinya yang belum stabil. Ibu bayi juga masih menjalani pemulihan pascamelahirkan.

Sementara nenek yang membuang bayi, kini harus mendekam di balik jeruji. Ia dijerat pasal 305 KUH Pidana dan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Ancamannya kurungan lima tahun penjara.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.