Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Saat Republik Benar-benar Memberi Peruntungan Bagi Kaum Bawah di Jepara

MURIANEWS.com, Jepara – Bulan Agustus menjadi bulan spesial bagi bangsa Indonesia. Setiap rakyat begitu mengingat betapa mereka adalah bagian dari Republik Indonesia yang besar ini.

Soal nasionalisme, soal kecintaan pada negara, mengecambah di tiap sanubari rakyat. Di saat seperti inilah, ada sebuah fakta, bahwa Republik akhirnya benar-benar memberi berkah bagi masyarakat kecil.

Usaha menjual bendera dan atribut peringatan 17 Agustus, menjadi peluang usaha bagi sebagian orang. Masyarakat kecil yang menjadi pedagang musiman, berjualan bendera dan atribut lainnya yang berbau Indonesia.

Di Jepara, ada banyak lokasi yang dijadikan sebagai ladang usaha penjualan pernak-pernik Agustusan ini.

Cecep, salah seorang warga asal luar Jepara, bahkan memilih cuti dari pekerjaannya sebagai sopir, untuk sekejap menggeluti usaha ini.

“Berjualan bendera dan umbul-umbul pada saat seperti ini lebih menjanjikan. Karena itu saya memilih jualan sementara waktu, sampai puncak peringatan Agustus lewat,” ujarnya, di pinggiran Jalan Shima, Jepara, Kamis (15/8/2019).

Selama momen Agustusan berlangsung, permintaan bendera dan pernak-perniknya sangat tinggi. Warga banyak yang mencari aneka pernak-pernik untuk kegiatan 17 Agustus.

Berjualan bendera selama ini memang sudah biasa dilakukannya. Sejak tiga tahun terakhir, menjelang Hari Kemerdekaan, Cecep mengaku berjualan bendera.

Untuk pernak-pernik, tiap tahun selalu muncul desain dan motif baru. Sehingga masyarakat tetap tertarik untuk membelinya.

“Saya sudah sejak akhir Juli sudah membuka lapak di pinggir jalan. Masuk awal Agustus, masyarakat sudah banyak yang datang untuk membeli bendera dan umbul-umbul,” tambahnya.

Selain di Jalan Shima, usaha serupa juga bermunculan di beberapa titik kota. Di sejumlah jalan utama, mulai dari Mayong, Welahan, Mlonggo, Bangsri dan Jepara Kota, ada orang yang berjualan. Mereka menempati trotoar jalan, perempatan dan tempat strategis lainnya.

Harga yang ditawarkan rata-rata relatif sama. Semua bergantung pada ukuran dan bahan kain yang digunakan. Dari yang paling murah Rp 10 ribu untuk bendera berukuran kecil, hingga Rp 300 ribu untuk umbul-umbul kualitas bagus.

Uniknya, mereka yang berjualan sebagian besar atau bahkan semuanya berasal dari Tasikmalaya Jawa Barat. Secara berkelompok mereka datang ke Jepara, dengan satu tujuan “Berjualan bendera dan pernak-pernik Agustusan”.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...