Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Permasalahan yang Dihadapi Bawaslu Saat Pemilu 2019 di Kudus

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 81
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Kudus – Pelaksanaan pemilu 2019 sudah usai, namun ternyata banyak permasalahan yang dihadapi Bawaslu Kudus selama pelaksanaan pemilu 2019. Hal ini seperti yang diungkapkan Komisioner Bawaslu Kudus Bahrudin saat menghadiri acara evaluasi fasilitasi kampanye pemilihan umum tahun 2019 di Hotel @Hom, Kamis (15/8/2019).

Bahrudin mengatakan, ada tujuh dugaaan pelanggaran proses pemilu 2019. Mulai dari dugaaan pelanggaran dari laporan masyarakat dan juga temuan dari Bawaslu Kudus.

“Untuk laporan ada satu laporan dari masyarakat ini terkait adminitasi. Dan kemarin sudah kami tindaklanjuti,” katanya.

Selanjutnya, untuk dugaan pelanggaran yang merupakan hasil temuan dari Bawaslu Kudus yakni satu hukum dan lima dugaan pidana pemilu. Namun dari temuan ini terutama yang dugaan pidana pemilu tidak bisa ditindaklanjuti.

Selain itu, ada beberapa juga permasalahan yang dihadapi Bawaslu Kudus pada tahapan di Kabupaten Kudus tahun 2019. Di antaranya permasalahan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang tidak sesuai aturan dan masih banyak kampanye terselubung.

“Tidak semua kampanye memiliki STIP dan pemberitahuan kepada pengawas, perbedaan pemahanan tentang zonasi larangan kampanye, fasilitasi APK, dan KPU kurang maksimal,” ujarnya.

Selain itu, juga banyaknya peserta pemilu tidak mematuhi aturan dalam kampanye. Minimnya peran masyarakat dan peserta pemilu dalam memberikan informasi kegiatan kampanye. Serta masih banyaknya peserta pemilu menganggap kampanye hanya berupa kampanye terbuka di lapangan.

Meski demikian, menurutnya kesuksesan pengawasan pemilu tidak hanya ditentukan oleh banyaknya kasus pelanggaran yang ditangani Bawaslu. Namun jika ada pelanggaran Bawaslu juga harus mampu melakukan penanganan dengan baik sesuai dengan kewenangannya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.