Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Kudus Gelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menggelar acaran evaluasi fasilitasi kampanye pemilihan umum tahun 2019 di Hotel @hom, Kamis (15/8/2019). Kegiatan ini digunakan untuk mencari solusi agar pemilu mendatang lebih baik.

Turut hadir sebagai narasumber Komisioner Bawaslu Kudus Bahrudin. Ia menyampaikan materi tentang penanganan dugaan pelanggaran pemilu dan fasilitasi kampanye. Sementara itu, KPU juga menghadirkan narasumber dari Polres Kudus yang diwakili Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Rismanto. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan tentang penanganan tahapan pemilu 2019 pada Gakkumdu.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, tahapan demi tahapan pemilu 2019 di Kudus sudah selesai. Menurutnya, pelaksanaan pemilu di Kudus dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Meskipun sempat ada pengajuan tiga permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pelaksanaan pemilu tahun 2019 ini sudah berjalan dengan bail. Semuanya berjalan aman dan kondusif. Pihak pengamanan  dan Bawaslu Kudus juga sudah bekerja secara maksimal. Sehingga pelaksanaan pemilu di Kudus dapat berjalan dengan kondusif,” ungkapnya saat memberikan sambutan, Kamis (15/8/2019).

Ia mengatakan, meskipun pelaksanaan pemilu terbilang lancar. Namun menurutnya, pihak KPU tetap melaksanakan evaluasi pelaksanaan pemilu. Terutama evaluasi fasilitasi kampanye pemilihan umum tahun 2019.

“Ada baikanya sebuah evaluasi meskipun pelaksanaan kampanye berakhir di bulan April lalu. Kami butuh masukan pelaksanaan kampanye. Kendala seperti apa, untuk penyelenggara pemilu kedepan,” ungkapnya.

Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil mengatakan, pelaksanaan kampanye pemilu 2019 di Kudus memiliki masa kampanye yang relatif panjang. Yakni dimulai pada tanggal 23 September 2019 hingga 12 April 2019 lalu.

“Itu tercatat paling lama. Namun disisi lain baik bagi peserta pemilu, namun terlalu lama bagi masyarakat Kudus,” katanya.

Pada kesempatan itu, Alan sapaan akrabnya menjelaskan ada beberapa hal terkait fasilitasi kampanye pemilu 2019. Mulai dari tentang ketentuan APK yang difasilitasi KPU Kabupaten Kudus, lokasi alat peraga kampanye, hingga ketentuan kampanye rapat umum.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...