Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belum Semua Parpol Tentukan Sikap, Pembentukan Fraksi DPRD Jepara Tertunda

0 41

MURIANEWS.com, Jepara – Rapat Paripurna DPRD Jepara membahas pembentukan fraksi akhirnya ditunda. Agenda yang seharusnya dilakukan pada Rabu (14/8/2019) itu, gagal dilaksanakan lantaran belum semua parpol menentukan sikapnya.

Wakil Ketua Sementara DPRD Jepara, Junarso menyatakan, sampai jam 12.00 WIB belum semua parpol menentukan sikap mengenai pembentukan fraksi. Sehingga pihaknya memutuskan untuk menunda rapat paripurna pembentukan fraksi sampai Kamis (15/8/2019) besok.

Rapat Paripurna Pembentukan Fraksi, menurutnya sudah harus didahului dengan sikap masing-masing parpol. Mereka harus menyampaikan anggota mereka masuk ke fraksi mana.

Terutama parpol yang jumlah kursinya kurang dari 4, dan harus bergabung dengan parpol lain untuk membentuk fraksi.

“Sesuai dengan aturan untuk satu fraksi minimal harus didukung 4 kursi. Parpol yang mendapatkan kursi kurang dari jumlah itu konsekuensinya harus bergabung. Inilah yang sampai saat ini tampaknya belum selesai. Belum semua parpol menyampaikan sikap,” ujarnya.

Jika sampai Kamis (15/8/2019), sikap dari masing-masing parpol juga masih belum selesai, Pimpinan Sementara DPRD Jepara akan melakukan pembahasan. Langkah apa yang akan diambil, baru akan dirumuskan.

Pihaknya juga memahami jika semua parpol masih mencoba melakukan pembicaraan-pembicaraan. Terutama bagi yang tidak bisa membuat fraksi sendiri, yang masih mencoba untuk memperjuangkan kepentingannya sebelum menentukan akan bergabung kemana.

“Kami berharap besok (Kamis, 15/8/2019-red) semua parpol sudah menentukan sikap. Sehingga Rapat Paripurna pembentukan Fraksi bisa dilakukan,”katanya.

Sejumlah parpol besar dipastikan akan membuat fraksi sendiri-sendiri. Yakni PPP, PDI P, Nasdem, PKB dan Gerindra. Sedangkan yang lainnya, seperti PAN, Perindo, Berkarya, PKS, dan Hanura harus bergabung untuk membuat fraksi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.