Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Wacanakan Mal Pelayanan Publik

0 57

MURIANEWS.com, Jepara – Untuk memperluas layanan satu atap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mewacanakan didirikannya Mal Pelayanan Publik (MPP). Wacana ini sudah mulai dibahas di tingkat elite, untuk kemungkinan bisa segera diimplementasikan.

Beberapa jenis layanan yang rencanananya akan diberikan di antaranya, perizinan terpadu, administrasi kependudukan, pajak dan retribusi, hingga pembayaran rekening PDAM, serta pelayanan lainnya.

Kabid Pelayanan Terpadu Satu Pintu, di DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Atap) Jepara, Muhammad Subkhan menyatakan, wacana didirikannya MPP ini adalah bagian dari pengembangan, perluasan dan peningkatan layanan perizinan untuk masyarakat.

Adanya MPP ini nantinya bisa membuat masyarakat bisa terlayani dengan lebih simple. Sehingga semua kebutuhan yang berhubungan dengan perizinan dan pelayanan publik dasar, bisa terlayani di MPP tersebut.

“Sebenarnya ini pengembangan dari pelayanan perizinan terpadu satu atap yang sudah ada. Cuman saat ini layanannya terbatas untuk beberapa perizinan saja. Nanti di MPP itu jenis layanannya akan ditambah lebih banyak lagi. Itu saja sebenarnya,” ujar Muhamad Subhan, Rabu (14/8/2019).

MPP nantinya harus dikoordinasikan dengan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Untuk langkah awal, sudah ada rencana untuk mengajak Disdukcapil, BPKAD, DLH, DPUPR, Diskominfo, Diskopukmnakertrans, Dinkes, dan PDAM.

Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan berapa layanan perizinan yang bisa disediakan di MPP nantinya. Berapa jumlah loket perizinan yang akan dibuka di MPP, juga terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Kemenpan RB.

“Nanti ada MoU jika ada perizinan berkaitan dengan instasi vertical. Lalu juga ada perjanjian kerja sama terkait hak dan kewajiban yang akan berkantor di MPP. Semuanya harus disiapkan,” tambah Muhamad Subkhan.

DPMPTSP Jepara sendiri mengajukan wacana MPP akan dipusatkan di Gedung OPD Bersama, Jalan Kartini Nomor 1 Jepara.

Di Jawa Tengah sendiri, keberadaan MPP sejauh ini baru ada satu, yakni di Banyumas. Jepara berharap untuk bisa menjadi yang nomor dua di Jawa Tengah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.