Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Petani Tambak Tayu Keluhkan Sulitnya Cari Bibit Ikan Nila

0 67

MURIANEWS.com, Pati – Ikan nila selama ini menjadi komoditas unggulan bagi petani tambak di wilayah Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati. Selain harganya yang cukup terjangkau, proses pembudidayaannya juga tergolong mudah.

Meski demikian, ternyata hal ini bukan tanpa masalah. Selama ini, para petani tambak justru mengeluhkan sulitnya mencari bibit ikan nila skala besar di Pati. Sehingga, para petani tambak terpaksa harus mencari bibit dari luar daerah.

Hal itu diakui oleh Lukman Hakim, salah satu petani tambak di Kecamatan Tayu. Dia mengatakan, untuk membeli bibit, ia harus mencari hingga ke Yogyakarta. Tentunya, biaya transportasi juga tambah.

“Selain di Yogja, biasanya kami juga membeli di Purwodadi dan Banjarnegara. Karena di daerah tersebut harganya cukup terjangkau,” katanya, Rabu (14/8/2019).

Sementara di Pati sendiri, lanjutnya, selama ini tidak ada penjual bibit ikan nila dalam skala besar. Dari pemerintah pun tidak menyediakan bibit nila tersebut.

“Padahal, kalau dinas terkait bisa menyediakan bibit ikan nila untuk petani tambak, tentu produkksi akan lebih mudah. Selain itu, juga bisa menekan ongkos produksi sehingg tidak mengalami pembengkakan,” ujarnya.

Menurutnya, tidak adanya bibit ikan nila di Pati ini menjadi masalah tersendiri. Mengingat, bibit yang diambil dari luar daerah, tidak bisa langsung ditaruh di tambak. Akan tetapi harus ada adaptasi dulu dengan air lokal.

“Kalau dari Yogja langsung ditaruh tambak, risiko kematiannya tinggi. Karena itu, setidaknya ikan harus diadaptasikan dulu dengan kondisi air di tambak secara perlahan,” terangnya.

Dia berharap agar pemerintah bisa menyediakan bibit ikan nila di Pati. Sehingga, para petani tambak tidak pelu jauh-jauh untuk membeli bibit nila tersebut.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.