Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jumlah Anggotanya Membengkak, Ruang Fraksi PDIP dan PKB DPRD Jateng Dirombak

0 2.121

MURIANEWS.com, Semarang – Sekretariat DRD Jawa Tengah akan merombak ruangan Fraksi PDI Perjuangan dan PKB. Ini dilakukan lantaran, jumlah anggota dua fraksi itu membengkak.

Pembengkakan ini merupakan imbas dari pertambahan kursi DPRD Jateng periode 2019-2024. Yang awalnya hanya 100 kursi bertambah menjadi 120 kursi.

Sementara dalam Pileg 2019 PDI Perjuangan yang keluar sebagai pemenang mampu meraup kursi dominan. Jika pada pemilu sebelumya PDI Perjuangan meraih 27 kursi, dalam pemilu kali ini partai besutan Megawati itu berhasil mendapat 42 kursi.

Begitu juga PKB, dari yang sebelumnya hanya mendapat 13 kursi pada Pemilu 2019 meraih kursi dominan kedua, yakni sebanyak 20 kursi. Dengan penambahan jumlah anggota ini, alhasil ruang fraksi dua partai ini tidak akan mampu menampung.

Sekretaris DPRD Jateng, Urip Sihabudin mengatakan, perombakan hanya dilakukan untuk dua ruang fraksi tersebut. Sementara untuk ruang komisi tidak dilakukan perombakan.

”Ruang komisi tidak mungkin diperluas. Jadi nantinya meja dan krusi disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ruang fraksi masih memungkinkan. Sementara yang dirombak PDIP dan PKB,” katanya.

Ia menyatakan, untuk sementara ruang fraksi lain akan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan meja dan kursi.

Baca juga:

Sementara ruang rapat paripurna dimungkinkan tidak akan dilakukan perombakan. Karena ruangan itu dinilai masih sangat leluasa untuk menampung tambahan 20 anggota.

Saat ini menurutnya, DPRD Jawa Tengah juga tengah menyiapkan pembangunan gedung baru. Lokasinya akan dibangun di belakang gedung lama. Gedung baru itu akan dibangun 11 lantai.

”Saat ini prosesnya masih proses DED. Pembangunanya mulai 2020, penganggarannya multiyears 2020-2021,” terangnya.

Sementara pelantikan anggota DPRD Jateng periode 2019-2024 direncakan pada 23 September 2019 mendatang. Pelantikan dilakukan setelah mendapat pengesahan dari Mendagri.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.