Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengoperasian Traffic Light Gang 4 Kudus Dimulai Hari Ini, Ini Aturan Barunya

0 1.067

MURIANEWS.com, Kudus – Pengoperasian dua traffic light di seputar perempatan Gang 4 Jalan Ahmad Yani Kudus, mulai dilakukan hari ini, Rabu (14/8/2019) pagi. Beberapa aturan yang sebelumnya telah dikaji juga mulai diterapkan seiring beroprasinya lampu lalin.

Beberapa aturan tersebut di antaranya, larangan untuk lurus terus dari arah Jalan Mangga menuju Gang 4 Letkol Tit Sudono. Peraturan tersebut berlaku bagi seluruh pengendara baik roda empat maupun roda dua.

“Kemarin sudah dikaji semua. Peraturan tersebut akan mulai diterapkan hari ini,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil saat meninjau lokasi lampu lalin di Gang 4, pagi tadi.

Aturan untuk pengguna jalan dari arah Simpang Tujuh juga diberlakukan. Aturannya berupa pengendara dari arah Simpang Tujuh apabila ingin menuju Jalan Mangga, harus memutar lewat arah Jalan dr Ramelan. Aturan ini berlaku bagi roda dua maupun empat.

“Akan kami kaji lagi untuk ini. Sejauh ini kami lihat motor bisa langsung ke kanan kalau dari arah Alun-alun,” sambungnya.

Sedang pengendara yang ingin ke Jalan Letkol Tit Sudono bisa langsung belok kiri. Baik roda empat maupun roda dua. Hanya, untuk penerapannya kini masih diberhentikan terlebih dahulu. Penerapannya akan menunggu rambu.

“Itu akan jadi bahan evaluasi kami, sementara biar berhenti dulu jika ingin belok kiri,” lanjutnya.

Sementara pengendara dari arah Jalan Letkol Tit Sudono, untuk roda dua menuju Jalan Mangga bisa langsung lurus. Sedang untuk pengendara roda empat, rute akan sama dengan pengendara roda empat dari arah Alun-alun.

“Memang cukup memakan waktu, tapi dari segi keamanan, ini yang terbaik,” lanjutnya.

Halil berharap, pemasangan lampu lalin bisa memecah kemacetan yang kerap terjadi di perempatan tersebut. Terutama pada jam-jam sibuk kerja. Seperti pagi dan sore hari. “Kami pasang untuk mengatur penumpukan yang sering terjadi,” sambungnya.

Pemasangan juga diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan di perempatan tersebut. Mengingat banyak pengendara yang tidak mau menurunkan kecepatan di perempatan Gang 4. Terutama dari arah Alun-alun.

“Kami berharap bisa berkurang karena sudah ada lampu lalin yang jelas,” ucap Halil.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.