Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diburu Banyak Orang, Lelang Kulit Kerbau di Menara Kudus Terjual Paling Mahal

0 2.031

MURIANEWS.com, Kudus – Kulit kerbau hasil hewan yang disembelih di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus ternyata jadi buruan orang. Tak tanggung-tanggung, harga lelang kulit kerbau tersebut terbilang paling mahal. Itu terjadi lantaran mereka meyakini akan mendapatkan berkah Idul Adha.

Fahrudin panitia kurban di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus sekaligus, seksi pelelangan pencari kerbau, dan pembeli kerbau mengatakan, dalam pelelangan tiap satu ekor kerbau akan dilelang untuk tujuh orang.

”Untuk kulit kita lelang kepada masyarakat. Tiap satu ekor kerbau diberikan kepada tujuh orang. Panitia tidak mengambil sepersenpun,” katanya saat ditemui di kompleks menara dan makam Sunan Kudus, Selasa (13/8/2019).

Hanya, ada prosedur tersendiri dalam pelelangan kulit kerbau tersebut. Selain diketahui oleh para pengkurban, uang hasil lelang akan tetap diberikan kepada orang yang berhak menerima atau disebut mustahiq.

“Pelelangannya di kita. Apakah mereka mau diminta kulitnya apa uang kita tawarkan. Kalau rata-rata diserahkan kepada panitia kemudian uangnya dibagikan kepada orang yang berhak penerima, yang disebut mustahiq ini,” ungkapnya.

Untuk satu kilogramnya, lelang bisa terjual hingga Rp 29 ribu. Harga tersebut terbilang mahal dibandingkan dengan harga di tempat lain, yang rata-rata hanya Rp 25 ribu. Sedangkan untuk setiap satu ekor kerbau bisa mengahasilkan kulit sebanyak 30 kilogram hingga 76 kilogram.

“Lelang di sini, mereka ngalap berkah mbah sunan,” ungkapnya.

Baru kemudian, uang hasil lelang tersebut dibagikan kepada para orang yang berhak menerima. “Kita bagikan, kita tidak menerima satu persenpun dari hasil tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya, di Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus pada perayaan idul adha tahun ini menyembelih kerbau sebanyak 18 ekor dan  25 ekor kambing.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.