Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anak Bupati Marzuqi Jadi Ketua Sementara DPRD Jepara

0 752

MURIANEWS.com, Jepara – Anggota DPRD Jepara hasil Pemilu 2019, Selasa (13/8/2019) hari ini telah dilantik dan diambil disumpah janji. Sebelum dipilih pimpinan dewan secara definitif, Mohamad Ibnu Hajar yang merupakan anak Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi ditunjuk sebagai ketua sementara.

Dalam pelantikan itu, dua calon anggota DPRD Jepara tidak mengikuti pengambilan sumpah dan janji. Mereka merupakan calon dari Partai Nasdem, karena saat ini tengah berada di Tanah Suci.

Sekretaris DPRD Jepara, Trisno Santoso menyatakan, secara formal hal ini tidak menjadi masalah. Dua calon anggota DPRD Jepara masing-masing Harmoko dan Ahmad Rizal, sebenarnya sudah mendapatkan SK dari gubernur.

Mereka hanya tidak bisa mengikuti acara pengambilan sumpah dan janji sebagai anggota DPRD Jepara. Sehingga prosesi ini nanti akan dilakukan secara internal di DPRD Jepara. Nantinya mereka akan diambil sumpah dan janjinya setelah pulang dari Tanah Suci.

“Tidak ada masalah. Dua orang yang masih di Tanah Suci nanti akan menjalani pengambilan sumpah dan janji oleh Ketua DPRD Jepara yang baru. Kami sudah konsultasikan mengenai hal ini,” ujar Trisna Santoso.

Setelah ini, DPRD Jepara dipimpin oleh Ketua Sementara Mohamad Ibnu Hajar dan Wakil Ketua Sementara Junarso. Mereka akan membahas beberapa agenda awal DPRD Jepara.

Sesuai dengan agenda yang sudah disusun, akan segera dibahas mengenai pembentukan fraksi, tata tertib dan beberapa alat kelengkapan dewan.

“Agenda-agenda itu akan langsung dimulai pada Rabu (14/8/2019), menandai aktivitas baru oleh anggota DPRD Jepara 2019-2024,” tambah Trisno Santoso.

Baca juga:

Muhamad Ibnu Hajar yang sudah dipilih sebagai Ketua Sementara DPRD Jepara merupakan politisi PPP Jepara. Ia merupakan anak kandung Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi.

Sesuai dengan aturan, ketua DPRD sementara adalah hak dari partai pemenang Pemilu. PPP Jepara yang mendapatkan 10 kursi di DPRD Jepara, berhak mengisi posisi ini. Sedangkan sebagai Wakil Ketua Sementara menjadi hak partai pemenang kedua, yakni PDI Perjuangan.

“PDI P Jepara sesuai rekomendasi yang disampaikan DPC PDI P Jepara menunjuk Bapak Junarso untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Jepara,” tegas Trisno Santoso.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.