Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Fakta-fakta Soal Pelaku Pembuangan Bayi di Kayen Pati

0 1.992

MURIANEWS.com, Pati – Mencuatnya kasus bayi yang dibuang oleh neneknya di pinggir Sungai Sering Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Pati, pada Minggu (11/8/2019) malam lalu, masih menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, bayi tak berdosa itu harus menanggung akibat dari perbuatan orangtuanya yang diduga hamil di luar nikah.

Terkait hal ini, Kepala Desa Sumbersari Kuseri mengatakan, yang membuang bayi tersebut memang warganya sendiri, yakni ibu AZR. Dia pun mengetahui setelah adanya pemeriksaan dari pihak kepolisian.

“Dari hasil penyelidikan rupanya mengarah pada keluarga tersebut. Setelah didatangi dari kepolisian, puskesmas, dokter dan Dinsos akhirnya diketahui memang yang bersangkutan merupakan ibu bayi itu. Bahkan mereka pun telah mengakuinya,” kata Kuseri, Selasa (13/8/2019).

Terungkapnya pelaku pembuangan bayi ini pada Senin (12/8/2019) siang, atau kurang dari 24 jam setelah penemuan bayi.

Setelah mengetahui bahwa itu adalah perbuatan warganya, Kuseri kemudian mengungkap sejumlah fakta.

Kuseri menyebut, jika rumah keluarga bayi malang itu diketahui tak jauh dari lokasi pembuangan bayi. Selain itu, ibu bayi diketahui masih remaja dan baru berumur 18 tahun.

“Bayi tersebut dibuang karena nenek korban merasa panik dan ketakutan. Apalagi status ibunya memang belum menikah,” ujarnya.

Fakta berikutnya menurut Kuseri adalah keluarga pelaku pembuangan bayi merupakan keluarga miskin. Diperkirakan sang nenek terpaksa membuangnya karena khawatir atas kondisi tersebut.

“Sepertinya nenek bayi terpaksa membuang karena takut dan malu,” ungkapnya.

Warga sendiri awalnya tak berani menuduh keluarga tersebut. Mereka baru memastikan setelah kepolisian melakukan penyelidikan.

Baca juga:

Saat penyelidikan itu sendiri, ibu bayi memang sempat diberikan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayen lantaran kondisinya yang sempat lemah.

Diberitakan sebelumnya, aparat Polsek Kayen berhasil menangkap pelaku pembuangan bayi pada Senin (12/3/2019). Pelakunya diketahui adalah EL (38) warga desa setempat. Sementara yang melahirkan bayi tersebut adalah ARH (18), anak dari EL.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Kayen AKP Tejo Pramono, motif pelaku membuang bayi yang baru dilahirkan anak kandungnya tersebut karena panik.

“Selain itu, bayi yang dilahirkan adalah hasil dari hubungan di luar nikah,” katanya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.