Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Minat Baca Berkurang, Perpusda Kudus Tambah Jam Operasional

0 51

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus mulai menambah jam operasional perpustakaan daerah (Perpusda) hingga pukul 20.30 WIB. Langkah itu diambil untuk menjaring lebih banyak lagi masyarakat Kudus membaca di fasilitas publik tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusda Kudus Masyudi menyebut, penurunan terjadi mulai dua hingga tiga bulan terakhir. Perpusda yang biasanya dikunjungi sekitar 250 hingga 300 pengunjung perharinya, kini hanya 170 pengunjung perharinya.

“Memang ada penurunan sekitar 20 sampai 30 persen,” ucapnya.

Golongan pembaca pun didominasi pelajar dan mahasiswa saja. Sedang untuk umum, sangat minim presentasenya. Pelajar paling banyak ditemukan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA masih minim. Sementara untuk waktu, para biasanya berkunjung dari pukul 10.00 hingga sore hari.

“Kebanyakan karena mendapat tugas dari sekolah,” terangnya.

Sedang untuk mahasiswa, mereka biasanya datang menjelang petang hingga tutupnya Perpusda, atau sekitar setengah sembilan malam. Kebanyakan dari mahasiswa lebih memilih untuk memanfaatkan fasilitis WiFi gratis di ruangan tersebut.

“Biasanya mereka mengerjakan tugas kuliah, numpang WiFi istilahnya,” lanjutnya.

Selain penambahan jam, berbagai upaya untuk menambah kunjungan dan minat baca juga terus dilakukan. Di antaranya dengan menggandeng pihak swasta untuk menambah koleksi buku.

“Sedang kami upayakan, semoga bisa terealisasi,” katanya.

Perpusda sendiri kini telah memiliki koleksi buku sebanyak 26.781 jenis buku. Dengan total eksemplar sebanyak 36.924 eksemplar. Koleksi buku, juga terdiri dari bernagai jenis bahasa. Mulai dari Indonesia hingga belanda, jepang, dan jerman.

“Huruf braile juga tersedia,” tandasnya.

Sementara Maulida salah satu pengunjung tetap mengatakan Perpusda sudah cukup banyak berubah. Baik dari segi penambahan koleksi hingga tata ruang kini sudah dianggap lebih bagus dibanding tahun sebelumnya.

“Sudah cukup nyaman, bukunya juga cukup lengkap,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.