Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puskesmas Jepara Akan Segera Dipindahkan

0 136

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara berencana memindahkan lokasi Puskesemas ke lokasi yang lebih representatif. Hal ini dilakukan untuk peningkatan kapasitas pelayanan.

Kendati pelayanannya masih bisa dioptimalkan, namun keterbatasan lahan dan bangunan membuat Puskesmas Jepara menjadi tidak nyaman. Keterbatasan lahan membuat kenyamanan masyarakat menjadi terganggu.

Kabid Komunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jepara, Arif Darmawan membenarkan hal ini. Sebelumnya, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi sudah melakukan kunjungan langsung ke Puskesmas Jepara. Keluhan sejumlah masyarakat langsung diresponya.

“Pemkab Jepara sebenarnya sudah memahami situasi ini sejak lama. Beberapa rencana sudah disusun untuk mengatasi masalah ini. Menurut Pak Plt Bupati, rencana ini akan terus mendapatkan perhatian di pembahasan di DPRD Jepara,” ujar Arif Darmawan Selasa (13/8/2019).

Di tingkat eksekutif pembahasan terkait rencana relokasi sudah selesai. Kini tinggal pembahasan yang akan dilakukan bersama legislatif. Jika pembahasan di legislatif berjalan mulus, maka proses relokasi bisa secepatnya dimulai.

Nantinya jika proses relokasi ini telah disetujui bersama, maka Puskesmas Jepara yang baru akan menempati lahan seluas 6 ribu meter persegi. Lokasinya berada di wilayah Kelurahan Ujung Batu Jepara.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jepara, Triyono menyatakan setiap hari ada 150 hingga 200 pasien yang datang. Mereka harus mengantre mendapatkan pelayanan, di ruangan yang sebenarnya tidak nyaman.

Puskesmas Jepara memang hanya menempati lahan seluas 980 meter persegi. Letaknya yang berada di pinggir Kaliwiso, juga kurang representatif. Keterbatasan lahan kadang menyulitkan untuk masalah parkir kendaraan.

“Meski dengan luas lahan yang kurang ideal, kami selama ini tetap berusaha memberikan pelayanan optimal. Namun jika menyangkut kenyamanan, ya kami tidak bisa berbuat apapun, karena memang keterbatasan yang ada,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.