Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDIP Jateng Resmi Kembali Kuasai Gedung Berlian

0 2.306

MURIANEWS.com, Semarang – PDI Perjuangan resmi kembali menguasai kursi di Gedung Berlian DPRD Jateng. Partai ini juga dinyatakan sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019.

Kepastian ini didapat setelah KPU Jawa Tengah menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih di Hotel Santika Semarang, Sabtu (9/8/2019). Dalam rapat pleno ini ditetapkan PDI Perjuangan meraih kursi dominan.

Yakni mencapai 30 persen dari total 120 kursi di DPRD Jateng, atau sebanyak 42 kursi. Pada periode sebelumnya (2014-2019) PDI Perjuangan juga meraih suara dominan dengan 27 kursi. Saat itu kursi DPRD Jateng hanya 100.

Sementara pada rapat pleno dihari ini ditetapkan peraih kursi terbanyak urutan kedua adalah PKB yang meraih 20 kursi dan di posisi ketiga Partai Gerindra memperoleh 13 kursi.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengakatan, ada sembilan parpol yang mendapat kursi di DPRD Jateng dalam pemilu kali ini.

Selain PDI Perjuangan, PKB dan Gerindra partai lain yang meraih kursi yakni Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi.

“Kemudian ada PAN 6 kursi, Partai Demokrat 5 kursi dan Partai Nasdem 3 kursi,” katanya.

Ia menyatakan, penetapan ini dilakukan setelah KPU Jateng mendapatkan salinan putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pemilu. MK menyatakan telah telah menolak 10 gugatan dari parpol.

Menurutnya, dengan penetapan ini, maka seluruh rangkaian agenda Pemilu 2019 sudah tuntas. Hasil rapat pleno ini akan langsung dikirimkan ke Mendagri melalui Gubernur Jateng untuk mendapat pengesahan.
Paska pleno penetapan, lanjutnya, jika sudah disahkan Mendagri akan dilanjutkan dengan pelantikan anggota DPRD Jateng hasil Pemilu 2019

“Pelantikannya menunggu keputusan Mendagri. Dan pelantikan menjadi wewenang Sekretariat DPRD. Ini adalah akhir dari tugas KPU dari seluruh tahapan Pemilu 2019,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.