Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sehari Jelang Hari Raya Kurban, Harga Kerbau di Kudus Meroket

MURIANEWS.com, Kudus – Sehari menjelang hari raya Idul Adha, harga kerbau di Kudus mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan bahkan mencapai 30 persen dari harga awal.

Husein, salah satu peternak kerbau menjelaskan, berdasarkan kesepakatan peternak, harga kerbau memang dinaikkan sebanyak 30 persen. Jika harga berat hidup kerbau yang biasanya dijual Rp 45 ribu per kilogram, kini naik menjadi antara Rp 63 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogramnya.

“Semua penjual melakukan hal ini, kerbau yang harga awalnya Rp 20 juta hingga Rp 23 juta kini bisa mencapai Rp 27 juta sampai Rp 30 juta,” ucapnya.

Husein menjelaskan, kenaikan terjadi karena perawatan pada kerbau yang akan dijadikan hewan kurban juga naik. Apalagi, pembeli saat ini lebih jeli dalam memilih hewan kurban. “Mereka jeli, bisa melihat mana yang sehat mana yang tidak,” ucapnya.

Beberapa vitamin untuk ternak supaya tidak terserang penyakit pun telah ia lakukan. Walau harga naik, Husein menjamin sapinya aman dari penyakit-penyakit ternak. “Saya rawat dengan baik, kerbau saya sehat semua,” lanjutnya.

Sedang untuk hewan ternaik lain, Husein mengatakan kenaikan tidak terlalu signifikan. Seperti pada sapi dan kambing. Kenaikan hanya berkisar antara 5 persen hingga 10 persen. Sapi yang sebelumnya Rp 20 juta, kini menjadi sekitar Rp 21,5 juta. Sedang kambing dari harga Rp 3 juta naik menjadi Rp 3,6 juta atau naik sekitar 20 persen.

“Dua hewan kurban tersebut relatif stabil,” tandasnya.

Sebelumnya, Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kudus memastikan ribuan hewan kurban di Kota Kretek bebas dari penyakit ternak. Pengecekan sekaligus pelabelan hewan sehat pun hingga kini terus dilakukan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...