Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Panen Kopi di Pati Tahun Ini Lebih Pahit

0 95

 

MURIANEWS.com, Pati – Musim panen kopi di Kabupaten Pati tahun ini mengalami kemerosotan. Bahkan, dibandingkan tahun lalu, tahun ini justru sangat parah. Banyak biji kopi yang tak mampu berkembang, hingga menyebabkan petani merugi.

Salah satu petani kopi dari Kecamatan Gembong, Abdul Hamid mengakui hal itu. Bahkan, tahun ini dinilainya sangat parah. Banyak pohon kopi yang tak mampu mengeluarkan banyak biji.

“Kalau tahun lalu, satu pohon masih bisa menghasilkan dua hingga tiga kilogram biji kopi. Tetapi tahun ini paling banyak hanya satu kilogram saja,” ungkapnya, Sabtu (10/8/2019).

Terkait penyebabnya, dirinya mengaku belum mengetahui secara pasti. Sebab, petani sudah berusaha untuk memberikan pupuk secara maksimal.

“Kalau cuaca kemungkinan juga tidak begitu berpengaruh. Karena pada musim hujan kemarin, pemberian pupuk juga sudah maksimal,” ujarnya.

Namun, ditengarai penyebab gagalnya panen tahun ini lantaran banyak kupu-kupu putih yang menyebabkan buah kopi tak mampu tumbuh. Telur kupu-kupu yang menempel di dahan maupun di ranting, bisa menghambat pembuahan.

“Ini sudah banyak terjadi. Kalau dari petani seperti kami, kemungkinan penyebabnya karena kupu putih itu,” ungkapnya.

Meski demikian, dirinya tetap berharap agar panen kopi pada tahun depan, dapat menuai hasil yang maksimal. Sehingga, para petani bisa merasakan hasil pertaniannya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.