Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mantan Kades di Kebumen Dipenjara Gara-Gara Gadaikan Motor Kredit

0 1.803

MURIANEWS.com, Kebumen — Mantan Kepala Desa (Kades) Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, SU (55) ditangkap polisi dan kini mendekam di sel tahanan Mapolres Kebumen. Ia ditangkap lantaran menggadaikan sepeda motor yang dibeli secara kredit.

SU ditetapkan sebagai tersangka lantaran motor Yamaha Bison itu digadaikan saat baru empat kali mengangsur kredit. Kepada polisi SU mengaku menggadaikan motor itu karena butuh uang dari hasil gadai untuk membayar utang.

“Pengakuan tersangka, usahanya dalam bidang tambak udang mengalami kegagalan. Padahal, modalnya juga diambil dari utang,” kata Kasat Reskrim Polres Kebumen, AKP Edy Istanto, Sabtu (10/8/2019).

Ia menyatakan, SU dilaporkan oleh PT Muncul Bursa Motor Kebumen sebagai penjamin fidusia, dengan dugaan penggelapan. Dari laporan itu, polisi kemudian melakukan penelusuran dan penangkapan terhadap pelaku.

Dari hasil pemeriksaan juga diketahui jika mantan kades itu mengajukan kredit motor ke PT Muncul Bursa Motor Kebumen pada Maret 2019. Namun baru membayar angsuran empat kali motor itu digadaikan ke pihak lain.

“Dari hasil menggadaikan itu, tersangka mendapatkan uang Rp 5 juta. Tersangka memindahtanankan kendaraan tanpa sepengetahuan PT Muncul Bursa Motor, sebagai penjamin fidusia,” ujarnya.

Kini mantan Kades berinisial SU (55) itu sudah berstatus tersangka dan harus mendekam di Rutan Polres Kebumen karena kasus tersebut.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 36 Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia juncto Pasal 372 tentang penggelapan Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman 4 tahun penjara.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.