Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelantikan DPRD Kudus Periode 2019-2024 Tunggu KPU

MURIANEWS.com, Kudus – Pelantikan DPRD Kudus periode 2019-2024 masih menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, putusan hasil Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) baru selesai, Rabu (7/8/2019) kemarin.

Sekwan DPRD Kudus Jadmiko Muhardi Setiyanto mengatakan, untuk pelantikan DPRD Kudus terpilih direncanakan akan digelar tanggal 21 Agustus 2019 mendatang. Hanya pihaknya, saat ini masih menunggu penetapan caleg terpilih oleh KPU.

“Sedianya berdasarkan masa bakti DPRD Kudus periode 2014-2019 itu pelantikan tanggal 21 Agustus 2019 mendatang. Karena pada tanggal itu berakhirnya DPRD periode 2014-2019,”ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Kudus, Jumat (9/8/2019).

Ia mengatakan untuk tahapan pelantikan DPRD Kudus, pertama harus ada penetapan caleg terpilih dari DPRD Kudus. Kemudian dari KPU menyampaikan hasil tersebut kepada Bupati Kudus. Baru, Bupati Kudus mengusulkan pengangkatan kepada Gubernur Jawa Tengah.

“Setelah surat keputusan (SK) dari gubernur turun. Maka baru bisa dilakukan pelantikan. Kini masih nunggu penetapan terlebih dahulu. Karena KPU belum menetapkan,” ucapanya.

Meski demikian, pihaknya memastikan untuk kesiapan, Sekwan DPRD Kudus  sudah siap menggelar pelantikan. “Kami kesiapan tempat sudah siap, Tinggal menunggu penetapan dan Sk itu saja,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Kudus mengaku akan segera melakukan penetapan caleg terpilih DPRD Kudus. Rencananya, penetapan akan dilakukan paling lambat lima hari setelah putusan MK keluar.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...