Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lagi Kebakaran Gudang Mebel Terjadi di Jepara, Gara-Gara Open Pengering Kayu

0 617

MURIANEWS.com, Jepara – Peristiwa kebakaran lagi-lagi terjadi di wilayah Jepara. Sebuah bangunan pengering kayu, terbakar setelah mengalami over temperature. Kejadian ini terjadi pada Jumat (9/8/2019) dinihari tadi.

Bangunan Open Pengering Kayu milik H. Nursalim di Desa Rengging, RT4 RW 2 Kecamatan Pecangaan, habis terbakar. Penyebab kebakaran ini diduga karena open tersebut mengalami over temperature. Panas yang berlebih, akhirnya membuat kayu yang dikeringkan terbakar.

Kabid Damkar (Pemadam Kebakaran) di Kantor Satpol PP dan Damkar, Surana menyatakan upaya pemadaman berlangsung beberapa jam. Pihaknya mengerahkan 2 unit mobil pemadam dan 2 unit mobil penyuplai air. Bersama warga sekitar akhirnya pemadaman berhasil dilakukan.

“Kemungkinan penjaga open ini keliru dalam memperhitungkan panas yang ada di dalam ruangan. Sehingga temperatur menjadi tinggi di luar perhitungan. Temperatur tinggi diduga memicu terjadinya kebakaran ini,” ujar Surana, Jumat (9/8/2019) pagi.

Kejadian ini kali pertama dilaporkan oleh H Nursalim pemilik bangunan open kayu tersebut. Surana menyatakan pihaknya kemudian mengerahkan 9 petugas pemadam kebakaran untuk mengatasi kebakaran ini.

Baca: Gudang Mebel di Jepara Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 4 Miliar

Masyarakat di sekitar lokasi kejadian juga ikut membantu upaya ini. Mereka berusaha menyelamatkan kayu-kayu yang masih mungkin bisa diselamatkan. Namun kebakaran tetap saja menimbulkan kerugian materiil.

“Menurut penuturan pemilik, kerugian yang dialaminya mencapai angka Rp 35 juta kurang lebihnya. Selain kayu yang diopen, bangunan open juga mengalami kerusakan parah,” tambah Surana.

Sebelum kejadian ini, di wilayah Jepara sudah beberapa kali terjadi peristiwa kebakaran. Kebakaran paling besar terjadi pada pekan lalu, saat meratakan bangunan Gudang Mebel PT. Republik di Desa Kecapi, Tahunan, Jepara.

Pada kebakaran tersebut, kerugian mencapai sekitar Rp 4 miliar. Hal itu disebabkan api membakar produk-produk mebel jadi siap dikirim ke luar negeri.

 

Reporter: Budi erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.