MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

TMMD Sengkuyung II, Selesaikan Perbaikan Jalan di Desa Bucu

0 39

MURIANEWS.com, Jepara – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara, menuntaskan perbaikan jalan penghubung antardesa. Jalan tersebut menghubungkan Desa Bucu dengan Desa Cepogo, di Kecamatan Kembang.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko, didampingi Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol CZI Facrudi Hidayat, meresmikan jalan tersebut pada Kamis (8/8/2019). Masyarakat Bucu menyambut gembira peresmian jalan tersebut.

Jalan yang dibangun sepanjang 400 meter ini, dibangun menggunakan cor beton. Meskipun hanya sepanjang itu, namun jalan ini memberi akses luar biasa bagi masyarakat Desa Bucu. Dengan jalan ini, masyarakat Bucu dimudahkan untuk bisa mencapai ibukota kecamatan.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak TNI dan Pemkab Jepara yang telah membangun jalan desa ini. Dengan dibangunnya jalan ini masyarakat tidak lagi kesulitan membawa hasil pertanian,” ujar Petinggi Desa Bucu, Eko Haryanto.

Sementara itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko berharap dengan dibangunnya jalan tersebut ada manfaat yang bisa diambil. Paling tidak infrastruktur ini harus bisa memberi nilai tambah bagi kesejahteraan warganya.

Selanjutnya, pihaknya meminta agar masyarakat bisa dengan penuh tanggung jawab merawat jalan tersebut. Sehingga usianya bisa bertahan lama dan terus membawa manfaat bagi masyarakat.

“Manfaatnya tentu diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Sekarang sudah dibangun, selanjutnya saatnya merawat bersama-sama agar jalan ini menjadi awet,” kata Edy Sujatmiko.

Dandim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat menyebutkan, total anggaran yang dikucurkan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II ini senilai mencapai Rp505 Juta Rupiah. Rinciannya sebanyak Rp225 Juta bersumber dari APBD Provinsi Jateng. Kemudian Rp 220 Juta bersumber dari APBD Kabupaten Jepara.

Sedangkan untuk kegiatan rehap rumah Kodim 0719/Jepara juga mendapatkan alokasi dana dari Disperkim Jepara. Nilainya mencapai Rp 60 Juta untuk yang digunakan untuk program bantuan pembangunan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

“Terakhir, dalam penutupan TMMD ini, digelar pasar murah. Sejumlah kebutuhan pokok masyarakat dijual dalam kegiatan ini,” ujar Letkol CZI Fachrudi Hidayat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.