Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Klaten Imbau Pembagian Daging Kurban Tak Pakai Plastik Kresek

0 49

MURIANEWS.com, Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengimbau masyarakat tidak menggunakan plastik kresek untuk membungkus daging kurban. Warga diminta memilih bahan ramah lingkungan saat pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten, Srihadi menjelaskan, imbauan itu tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Sekda Klaten Jaka Sawaldi Nomor 658.1/670/25 tanggal 24 Juli 2019 tentang Pengurangan Timbulan Sampah Plastik.

“SE ini ditujukan kepada seluruh kepala perangkat daerah, camat, instansi vertikal, kepala sekolah, takmir masjid dan komunitas,” katanya, Kamis (8/8/2019).

Dalam SE itu menurutnya, disebutkan agar panitia penyembelihan hewan kurban menggunakan pembungkus daging dari bahan ramah lingkungan, yang mudah diurai. Seperti daun pisang, daun jati, besek bambu atau pandan.

Menurutnya, penggunaan kantong plastik membahayakan lingkungan karena sulit diurai tanah dan mencemari lingkungan.

Masyarakat bisa mencari alternatif bahan yang ramah lingkungan. Dengan besek bambu misalnya selain ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan, juga menggerakan ekonomi masyarakat, khususnya perajin bambu di desa.

Selain itu pihaknya mengimbau agar limbah penyembelihan dan kotoran hewan kurban agar tidak dibuang ke sungai.

“Disadari atau tidak itu mengotori lingkungan. Kebiasaan-kebiasaan salah itu perlu diubah. Kotoran hewan kurban cukup ditimbun agar terurai oleh tanah, sehingga bisa menjadi pupuk,” jelasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.