Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati Jepara Ditahan, Dian Kristiandi Punya Wewenang Penuh Meski Berstatus Plt

0 1.364

MURIANEWS.com, Jepara – Status hukum Bupati Jepara (nonaktif) Ahmad Marzuqi, sampai saat ini masih belum inkrah (berkekuatan hukum tetap). Ahmad Marzuqi masih dalam proses persidangan atas kasus penyuapan hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Situasi ini dikhawatirkan bisa menimbulkan persoalan dalam proses perjalanan pemerintahan di Kabupaten Jepara. Mengingat, Dian Kristiandi yang merupakan Wakil Bupati, saat ini hanya menyandang jabatan pelaksana tugas (Plt) Bupati Jepara.

Namun persoalan ini, menurut Asisten II Sekda Jepara, Mulyaji, sudah tidak ada masalah. Kekhawatiran tersebut menurutnya memang sempat muncul. Namun kini semuanya sudah tidak ada masalah, setelah Kemendagri mengeluarkan surat keputusan.

Dikatakan oleh Mulyaji, Kemendagri pada 29 Juli 2019 lalu sudah mengeluarkan SK Mendagri No.131.33/2924/2019. Dalam SK tersebut disebutkan, bahwa sebagai penjabat Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi sudah diberikan kewenangan penuh untuk menjalankan amanat sebagai bupati Jepara.

SK Mendagri tersebut memberikan kewenangan kepada Dian Kristiandi untuk menjalankan tugas-tugas bupati Jepara secara penuh. Selain itu, mandat ini juga berlaku surut mulai tanggal 24 Juni 2019. Dengan demikian, semua urusan pemerintahan di Kabupaten Jepara, secara hukum sudah bisa ditangani oleh Dian Kristiandi.

“Dengan adanya SK Mendagri Bapak Dian Kristiandi sudah bisa mengambil kewenangan sebagai bupati Jepara untuk tingkatan apapun sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga tidak ada masalah untuk jalannya pemerintahan,” ujar Mulyaji, Rabu (7/8/2019).

Saat ini, salah satu agenda penting yang tengah dilakukan Pemkab Jepara adalah mengenai penyusunan KUAPPS sebagai bagian dari proses penyusunan Perubahan APBD Jepara 2019. Dalam kaitan ini, Dian Kristiandi sudah sah secara hukum untuk bisa mengambil kebijakan sebagai bupati Jepara, secara penuh.

Meski sudah memiliki kewenangan, jabatan yang disandang Dian Kristiandi tetap akan sebagai Plt bupati Jepara. Jabatan ini akan berubah menjadi Bupati Jepara definitif, menunggu keputusan dari Mendagri yang memiliki kewenangan. Proses ini juga berkait erat dengan proses hukum yang masih dijalani oleh Ahmad Marzuqi.

“Jadi seperti itu gambaran yang ada saat ini mengenai pemerintahan di Kabupaten Jepara. Secara umum tidak ada masalah apapun. Semua proses dan alur pemerintahan tidak ada kendala sama sekali. Semua masih berjalan seperti biasa,” tambah Mulyaji.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.