Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

30 Finalis Duta Wisata Jepara Ikuti Class City Tour

0 86

MURIANEWS.com, Jepara – Sebanyak 30 finalis Duta Wisata Jepara mendapatkan kesempatan melakukan class city tour sebelum menjalani penilaian berikutnya. Mereka diajak mengunjungi sejumlah objek wisata di Kabupaten Jepara.

Kepala Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparta) Jepara, Zamroni Liztiaza dalam class city tour ini para peserta diberikan beberapa pemahaman berkaitan dengan peran Duta Wisata. Di Serambi Belakang Pendapa Kabupaten Jepara mereka mendapatkan sejumlah pelatihan singkat mengenai keprotokolan dan masalah narkoba.

Sebelumnya ada 63 peserta yang mengikuti seleksi duta wisata Jepara. Namun setelah melalui beberapa seleksi atau tahapan, kini tinggal 30 perserta putra dan putri.

Mereka akan mengikuti malam grand final Duta Wisata Jepara 2019 yang akan digelar pada 27 Agustus 2019 mendatang.

“Sebelum masuk di grand final, mereka harus mendapatkan bekal terlebih dulu agar tidak canggung saat berdiri di panggung,” kata Zamroni Liztiaza, Rabu (7/8/2019).

Dalam pelatihan singkat mengenai keprotokolan, para peserta diberikan pengarahan langsung oleh Kasubag Protokol Setda Jepara, Evi Sofiani. Mereka dikenalkan tentang pengetahuan dasar menjadi seorang petugas protokol.

Dunia Protokol juga tidak lepas dari kegiatan sebagai pembawa sebuah acara. Keterampilan ini juga layak dimiliki oleh para peserta Duta Wisata. Sehingg nantinya saat sudah terpilih, keterampilan ini bisa mendukung tugas-tugas sebagai seorang Duta Wisata.

“Menjadi pembawa acara, seseorang harus pandai dalam bersikap. Berperilaku sopan dan memiliki kepribadian yang baik. Sikap harus luwes, gaya sewajarnya, akrab, ekspresif, cerdas dan rapih. Lainya, harus percaya diri. Itu beberapa hal yang perlu dimiliki para peserta Duta Wisata,” ujar Evis Sofiani.

Selain kelas keprotokolan, para peserta juga mengikuti kelas Pencegahan dan Rahabilitasi Narkoba. Dalam kelas ini menghadirkan narasumber dari Barisan Anti Narkoba Nasional (BANN) Provinsi Jawa Tengah.

Dalam rangkaian City Tour para finalis duta wisata juga diajak mengunjungi kamar pingit Raden Ajeng Kartini. Kemudian melakukan bersih Pantai Kartini dan mengunjungi objek wisata Pantai Bandengan.

Selain berparas menarik, para finalis Duta Wisata Jepara 2019,  juga dituntut untuk mempunyai kemampuan lebih dan serba bisa.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.