Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Jateng Bakal Gandeng Kanada Kembangkan Pendidikan

0 47

MURIANEWS.com, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng kini menggandeng Kanada untuk mengembangkan dunia pendidikan di provinsi ini. Sebelumnya Jateng juga berkerja sama dengan Jerman dan Jepang untuk tujuan yang sama.

Rencana kerja sama dengan Kanada ini semakin menguat dengan kunjungan Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur ke Jateng, Selasa (6/8/2019).

Kanada juga telah menjalin kerja sama dengan 34 sekolah di seluruh Indonesia. Sehingga peluang pengembangan pendidikan ke Jateng sangat besar.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, beberapa sektor investasi yang ditawarkan Kanada untuk menanamkan modalnya di Jawa Tengah salah satunya di bidang pendidikan. Hal ini menurut dia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Di sektor pembangunan sumber daya manusia. Kanada tertarik untuk investasi pendidikan di Jawa Tengah. Barangkali kerja sama sektor pendidikan dengan Kanada akan jauh lebih baik,” kata Ganjar, Rabu (7/9/2019).

Ganjar mengatakan. saat ini kemitraan pengembangan sumberdaya manusia lewat dunia pendidikan telah dilakukan Jawa Tengah dengan menggandeng Jerman, Jepang dan Australia.

“Karena itu sesuai dengan arahan Presiden. SMK kita saat ini telah bekerja sama dengan Jerman, Jepang dan Australia,” ujarnya.

Untuk urusan investasi, Kanada memang bukan termasuk negara papan atas yang menanamkan modalnya di Jawa Tengah. Kanada masih jauh di bawah Jepang, Korsel, Singapura, British Virgin Island dan Malaysia.

Sementara itu, Peter MacArthur mengatakan, alasan utama tawaran investasi di sektor pengembangan sumberdaya manusia memang berasal dari program Ganjar di Jawa Tengah dan Presiden Joko Widodo di Pemerintah Pusat. Menurut dia, upgrading sumberdaya manusia sektor paling inti memang dunia pendidikan.

“Sesuai mandat presiden, soal pengembangan sumberdaya manusia, Kanada turut ambil bagian,” katanya.

Terlebih, lanjut Peter, saat ini Kanada telah memiliki jalinan dengan 34 sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Tiga di antaranya berada di Jawa Tengah.

“Semoga bisa kerjasama dengan mengangkat potensi masing-masing. Sebenarnya hampir sama, antara Kanada dan Jawa Tengah, potensinya sangat besar,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.