Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jalan Masuk ke Pantai Blebak dan Pailus Jepara yang Dulu Sempit Kini Dilebarkan

0 188

MURIANEWS.com, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeparameningkatkan kapasitas jalan akses dua objek pariwisata di wilayah tersebut. Yakni jalan masuk menuju Pantai Blebak dan Pantai Pailus di Kecamatan Mlonggo, Jepara.

Peningkatan kapasitas jalan dilakukan dengan menambah lebar jalan. Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi menyebutkan, program ini sudah mulai dilakukan.

Meskipun dua objek tersebut dikelola oleh pemerintah desa setempat, perhatian tetap diberikan untuk bisa berdampak secara keseluruhan bagi dunia pariwisat Jepara.

“Jalan ke lokasi wisata ini sebelumnya hanya 2,5 meter. Kini akan dilebarkan menjadi enam meter. Total ada sepanjang 2 KM jalan yang ditingkatkan,” katanya Rabu (7/8/2019).

Beberapa ruas jalan lain yang menunjang juga akan diperluas. Di antaranya jalan dari Desa Jambu ke Bondo, yang sebelumnya selebar 4 meter akan ditambah menjadi 7 meter. Proses lelang tender, saat ini masih berjalan dan akan segera dilaksanakan pada tahun ini.

Dengan semakin baiknya infrastruktur ini diharapkan dunia pariwisata di Jepara bisa semakin meningkat. Sehingga sektor pariwisata bisa menjadi salah satu penggerak perekonomian di bidang-bidang yang lainnya.

“Jika aksesibilitas ke lokasi wisata bagus, maka akan berpengaruh pada jumlah kunjungan. Harapannya, setelah diperlebar maka tidak hanya bus kecil saja yang bisa masuk,” ujarnya.

Selain masalah infrastruktur, Dian Kristiandi juga menyatakan pentingnya masalah sikap mental masyarakat Jepara.

Menurut dia, perlu dilakukan sebuah langkah edukasi masyarakat untuk memiliki sikap mental sebagai masyarakat pariwisata. Masyarakat harus siap menerima kunjungan dari wisatawan.

Kelompok-kelompok sadar wisata  (Pokdarwis) yang saat ini sudah ada harus bisa mengambil peran dalam masalah edukasi masyarakat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.