Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Grobogan Nilai Partisipasi Masyarakat untuk Awasi Pemilu Masih Rendah

0 55

MURIANEWS.com, Grobogan – Ketua Bawaslu Kabupaten Grobogan Fitria Nita Witanti menyatakan, ada beberapa catatan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Pemilu yang sudah dilakukan. Salah satunya adalah masih rendahnya partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya Pemilu.

Menurutnya, pada penyelenggaraan Pemilu 2019 hanya ada satu laporan dari masyarakat. Sementara pada Pilgub 2018 dan Pilkada 2015 tidak ada laporan sama sekali.

“Kita berharap, kepedulian masyarakat untuk ikut mengawasi pemilu mendatang makin meningkat,” kata Fitria usai Rakor fasilitasi dan koordinasi dengan mitra kerja dan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, Selasa (6/8/2019).

Sejumlah pihak dihadirkan dalam kesempatan tersebut. Antara lain dari KPU, Polres, Kejaksaan, Kesbanglinmas, dan media.

Menurutnya, selama Pemilu 2019, pihaknya mendapati lima indikasi pelanggaran, baik secara administratif, pidana maupun terkait netralitas dari ASN. Dari lima pelanggaran tersebut satu di antaranya merupakan laporan dari partisipasi masyarakat.

Fitria mengungkapkan dalam proses penindakan dugaan pelanggaran tersebut dilakukan bersama Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang di dalamnya terdapat unsur kepolisian dan kejaksaan negeri. Namun, pembahasan dugaan pelanggaran yang ditemukan itu hanya dilakukan sampai dua kali pertemuan saja.

“Setelah dilakukan kajian, laporan tersebut tidak memenuhi unsur pidana. Sedangkan laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan KPU juga diputuskan ditolak. Sebab, pihak KPU sudah melaksanakan tahapan pelaksanaan sesuai regulasi,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.