Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pelantikan Perangkat Desa Terpilih Tunggu Rekomendasi Camat

MURIANEWS.com, Kudus – Tes pengisian perangkat desa di Kabupaten Kudus telah usai. Pusat Pengembangan Perdesaan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) menyerahkan hasil tes pengisian perangkat desa di GOR Wergu Wetan Kudus pekan kemarin. Hanya, pelantikan perangkat desa terpilih masih menunggu rekomendari dari Camat.

Kepala Dinas PMD Kudus Adi Sadhono Murwanto mengatakan, untuk tes pengisian perangkat desa di 44 desa sudah selesai. Kini tinggal pelantikan saja. Hanya, pelantikan menunggu rekomendasi dari kecamatan.

“Untuk tes pengisian perangkat desa itu yang menjadi perangkat desa itu yang memperoleh nilai tertinggi dengan mendapatkan rekomendasi dari Camat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, semula ada 60 desa yang berencana mengikuti pengisian perangkat desa. Hanya jumlah itu berkurang dan menjadi 44 desa setelah ada dugaan kasus jual beli jabatan yang melibatkan Bupati Kudus (nonaktif) HM Tamzil oleh KPK. Sementara, 16 desa menunda tes pengisian perangkat desa.

“Untuk formasi kemarin ada sekitar 143 formasi. Untuk berapa formasi yang masih kosong kami belum mengetahui. Karena itu setelah menyesaikan tes langsung diberikan ke pansel masing-masing desa,” ungkapnya.

Terpisah, Camat Mejobo Harso Widodo mengatakan setelah hasil diserahkan dari Unsoed kepada panitia. Tahapan selanjutnya panitia melakukan pengumuman hasil ujian kepada peserta yang dihadiri oleh kepala desa dan BPD.

“Nah selanjutnya peserta diberikan kesempatan kalau ada yang keberatan terhadap hasil ujian. Jika tidak Kades akan segera merekomendasikan ke camat baru pelantikan,” terangnya.

“Harapan kami pelantikan sebelum tahapan pelaksanaan Pilkades yang rencananya akan dilakanakan serentak di 116 desa dan akan dilaksanakan tahapannya di pertengahan bulan September 2019 mendatang,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...